Media China: Trump Membayar Harga Meremehkan Covid-19

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 00:41 WIB
loading...
Media China: Trump Membayar Harga Meremehkan Covid-19
Melalui Twitter, Presiden AS Donald Trump mengumumkan dirinya dan istri, Melania, positif Covid-19. Foto/Tangkapan layar
A A A
BEIJING - Tokoh-tokoh utama media berita yang dikelola pemerintah dan pakar kebijakan luar negeri China mengatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump harus membayar hargadengan terinfeksi Covid-19 setelah meremehkan virus tersebut.

Pemimpin redaksi media yang dikelola pemerintah Global Times, Hu Xijin, mengatakan bahwa presiden AS dan ibu negara Melania Trump "membayar harga" karena meremehkan efek virus Corona dan malah menyalahkan China atas peran mereka dalam pandemi global.

"Presiden Trump dan ibu negara telah membayar harga untuk pertaruhannya mengecilkan Covid-19. Berita tersebut menunjukkan parahnya situasi pandemi AS. Itu akan berdampak negatif pada citra Trump dan AS, dan mungkin juga berdampak negatif pada (usahanya) terpilih kembali," Hu mentweet seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (3/10/2020).

Kepala media yang dikelola pemerintah itu kemudian me-retweet tanggapan resmi pertama China atas diagnosis Trump, dengan Kementerian Luar Negeri Beijing mengeluarkan pernyataan yang mengharapkan agar Trump cepat sembuh.

"Sedih mengetahui #President dan #FirstLady dari #US dinyatakan positif. Semoga mereka berdua cepat sembuh dan akan baik-baik saja," Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying mentweet pada Jumat sore.

Sementara itu beberapa pakar kebijakan luar negeri China memperkirakan pemerintahan Trump akan memperburuk sikap garis kerasnya terhadap Partai Komunis China dalam hal perdagangan, kesepakatan teknologi, dan pengembangan vaksin.

Pakar kebijakan luar negeri di universitas China mengatakan "kejutan Oktober", istilah yang merujuk pada apa pun yang dapat mengubah pemilu AS, adalah pasti berita buruk bagi China. Akademisi menyatakan keprihatinannya akan menggunakan waktu karantina di luar jalur kampanye untuk memfokuskan kritiknya pada peran pemerintah China dalam menyebarkan virus akhir tahun lalu.

"Trump telah menjadikan serangan China sebagai prioritas untuk kampanyenya dan berulang kali menggunakan 'virus China' untuk mengelak dari tanggung jawabnya atas penanganannya terhadap pandemi yang masih mengamuk," tutur Pang Zhongying, seorang spesialis hubungan internasional di Ocean University of China, kepada South China Morning Post.

Kekhawatiran terbesar saya adalah bahwa Trump kemungkinan besar akan memanfaatkan kesempatan untuk melipatgandakan serangannya terhadap China, dan sebagai akibatnya meningkatkan tekanan terhadap China," imbuhnya.

Majalah Global Times menurunkan artikel yang memberikan peringatan bahwa infeksi Covid-19 Trump sebenarnya dapat membantu peluang ia terpilih kembali melawan mantan Wakil Presiden Joe Biden. Diao Daming, seorang profesor di Renmin University of China di Beijing, mengatakan bahwa Trump akan menggunakan pemulihannya sebagai poin pembicaraan kampanye. Anggota pemerintahan Trump telah lama menuduh pemerintah China menutupi peran laboratorium Wuhan di awal pandemi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)