Pernikahan Jadi 'Superspreader' Covid-19, Kota di Italia Lockdown

loading...
Pernikahan Jadi Superspreader Covid-19, Kota di Italia Lockdown
Kota Carleone di Italia melakukan penguncian (lockdown) terbatas setelah sebuah acara pernikahan berubah menjadi superspreader Covid-19. Foto/Omaha
A+ A-
ROMA - Peristiwa pernikahan menjadi supersreader Covid-19 tidak hanya terjadi di Amerika Serikat (AS). Di Italia, momen berbahagia itu berubah menjadi pusat penyebaran virus Corona dan membuat sebuah kota melakukan penguncian (lockdown) terbatas.

Kota Corleone di Sisilia, yang dipopulerkan oleh klan Mafia fiksi dalam film "The Godfather", telah memerintahkan penutupan sekolah dan penutupan terbatas setelah serentetan infeksi virus Corona terkait dengan upacara pernikahan besar-besaran di sana pada minggu lalu.(Baca juga: Lebih dari 30 Juta Orang di Dunia Terinfeksi Virus Corona)

Pemerintah kota memberi tahu semua 250 tamu di pernikahan pada 12 September dan siapa pun yang tinggal bersama mereka untuk mengisolasi diri dan memberi tahu dokter serta otoritas kesehatan kota sambil menunggu tes virus Corona. Dalam postingan di Facebook, Wali Kota Nicolo Nicolosi mengatakan dia mengharapkan "kerja sama maksimal untuk mengatasi krisis saat ini.

Kota yang merupakan bagian dari provinsi Palermo ini telah melaporkan sedikitnya tujuh kasus positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir. Nicolosi mengatakan bahwa sekolah-sekolah di Corleone dan kota-kota terdekat diperintahkan ditutup karena 30 tamu pernikahan adalah pelajar. Sekolah di Italia sendiri dibuka kembali untuk pertama kalinya sejak Maret pada hari Senin.(Baca juga: Kasus Virus Corona Tembus 5 Juta, India Krisis Tabung Oksigen)



Nicolosi mendesak 10.000 penduduk kota untuk memakai masker pelindung, menjaga jarak dan mencuci tangan sambil menekankan bahwa "Corleone bukanlah zona merah," atau area karantina yang ditentukan di mana tidak ada yang masuk atau keluar seperti dikutip dari AP, Jumat (18/9/2020).

Palermo dan Sisilia secara umum terhindar dari gelombang besar pertama Covid-19, yang menghantam keras wilayah Italia utara. Tetapi seperti bagian selatan Italia lainnya, Sisilia telah melihat serentetan infeksi baru sejak Agustus, dengan lebih dari 500 dari 5.500 kasus di Sisilia secara keseluruhan terdaftar dalam tiga minggu terakhir.

Otoritas Corleone memerintahkan sekolah-sekolah ditutup dan pemberlakukan jam malam hingg jam 10 malam bagi bar dan jam 8 malam untuk gym. Kota itu juga menangguhkan konferensi, pembukaan museum, pasar mingguan dan pertemuan publik lainnya.



Corleone adalah tanah air dan nama belakang klan kriminal fiksi dari ketenaran film "The Godfather". Tapi kota itu juga merupakan benteng kehidupan nyata dari almarhum mafia dan kepala suku terkenal, Bernardo Provenzano. Pada 2016, pemerintah Italia membubarkan pemerintah kota setelah memastikan massa telah menyusup.(Baca juga: Virus Corona Terdeteksi, China Lockdown Kota di Perbatasan Myanmar)

Diwartakan sebelumnya, sebuah pernikahan di Maine, Amerika Serikat (AS), menjadi peristiwa "superspreader" virus corona baru (Covid-19) yang menyebabkan tujuh orang meninggal dan 177 orang lainnya positif terinfeksi.
(ber)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top