Kapal Rusia Berkeliaran, AS Gelar Uji Coba Pertempuran Kapal Selam

Jum'at, 18 September 2020 - 22:30 WIB
loading...
Kapal Rusia Berkeliaran, AS Gelar Uji Coba Pertempuran Kapal Selam
Amerika Serikat (AS) lakukan uji coba kapal selam, kapal permukaan, dan pesawat di Atlantik Utara. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Armada ke-2 Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) lakukan uji coba kapal selam , kapal permukaan, dan pesawat dalam rangkaian operasi kelas atas.Latihan uji coba bertajuk Black Widow itu akan melakukan latihan perang anti kapal selam di wilayah Atlantik Utara yang tinggi.Untuk diketahui, kapal selam milik Rusia kerap berkeliaran di wilayah ini.

Komandan Armada Kedua Laksamana Madya Andrew Lewis mengatakan teknologi yang berkembang cepat berarti Angkatan Laut AS harus mempraktikkan cara-cara baru untuk mendekati ancaman bawah laut.

"Persaingan di lingkungan saat ini menuntut kita berpikir secara berbeda dan bahwa kita menyerang kumpulan masalah lama dengan solusi baru," katanya seperti dikutip dari Washington Examiner, Jumat (18/9/2020).

Latihan ini akan meningkatkan mematikan armada sebagai satu kekuatan tempur yang kohesif.(Baca juga: Kapal Selam Rusia Muncul di Lepas Pantai Alaska )

Seorang pejabat Angkatan Laut mengatakan kendaraan bawah air tak berawak (UUV) bukan bagian dari Black Widow, tetapi Lewis mengatakan itu mungkin bagian dari latihan di masa depan.

“Kami benar-benar tidak dapat berbicara tentang detail dari apa yang kami rencanakan, tetapi saya dapat memberi tahu Anda masa depan peperangan bawah laut, serta area peperangan lainnya, berada dalam kombinasi antara tak berawak dan berawak dan integrasi keduanya," ujarnya.

Komentar Lewis muncul pada hari yang sama ketika Menteri Pertahanan AS Mark Esper menyerukan pengeluaran lebih banyak untuk pembuatan kapal dan urgensi untuk menjaga Angkatan Laut terhebat di dunia setara dengan pesaing kekuatan besar, seperti Rusia dan China.

“Upaya ini adalah langkah selanjutnya dalam mewujudkan armada masa depan kita, di mana sistem tak berawak melakukan berbagai fungsi perang, mulai dari mengeluarkan tembakan yang mematikan dan meletakkan ranjau hingga melakukan pasokan ulang atau mengawasi musuh,” katanya saat menyambangi RAND Corporation di California, bagian dari perjalan tiga hari ke West Coast untuk mensurvei kemampuan Angkatan Laut.

"Ini akan menjadi perubahan besar dalam cara kami melakukan perang laut di tahun-tahun dan dekade mendatang," tambahnya.

Esper mengatakan untuk memenuhi ambang batas yang dimandatkan oleh kongres 355 kapal dalam dekade berikutnya, keseimbangan kapal berawak dan tak berawak akan digunakan. Armada Angkatan Laut saat ini berjumlah sekitar 293 kapal.

China diyakini sudah memiliki sebanyak 350 kapal, meskipun Esper meremehkan kemampuan angkatan laut saingannya.(Baca juga: China Sudah Ungguli AS dalam Jumlah AL, Rudal Darat dan Sistem Rudal Udara )

"Saya ingin menjelaskan bahwa China tidak memiliki paritas dalam hal Angkatan Laut kami," katanya.

"Bahkan jika kami berhenti membuat kapal baru, RRC akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyamai kemampuan kami di laut lepas," ia menambahkan.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)