Kapal Selam Rusia Muncul di Lepas Pantai Alaska

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 11:24 WIB
loading...
Kapal Selam Rusia Muncul di Lepas Pantai Alaska
Sebuah kapal selam Rusia muncul di lepas pantai Alaska. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Komando Utara Amerika Serikat (AS) dan Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD) memantau dengan cermat kapal selam Rusia yang muncul di dekat Alaska pada 27 Agustus.

"Kami melacak dengan cermat kapal yang menarik perhatian itu, termasuk kapal angkatan laut militer asing, di wilayah tanggung jawab kami," kata Komando Utara AS di Twitter yang dinukil Radio Free Europe, Jumat (28/8/2020).

Tidak jelas mengapa kapal selam itu muncul. Komando Utara AS mengatakan belum menerima permintaan bantuan dari Angkatan Laut Rusia atau pelaut lain di daerah tersebut. (Baca: Pertama, AS Rilis Foto Kapal Selam Rahasia USS Seawolf )

"Kami selalu siap membantu mereka yang dalam kesulitan," bunyi sambungan tweet itu.

Komando Utara AS menambahkan bahwa aktivitas maritim Rusia terjadi di perairan internasional jauh di luar laut teritorial AS.

Pejabat militer AS mengatakan kepada Associated Press bahwa kapal selam itu muncul saat latihan perang.

Sementara itu Penjaga Pantai AS mengatakan kehadiran kapal Rusia menimbulkan kekhawatiran di antara kapal penangkap ikan komersial AS di Laut Bering pada 26 Agustus.

"Beberapa kapal penangkap ikan memberi tahu Penjaga Pantai bahwa mereka telah menemukan kapal-kapal Rusia dan khawatir," kata juru bicara Penjaga Pantai Kip Wadlow.

Wadlow mengatakan Penjaga Pantai menghubungi Komando Alaska di Pangkalan Gabungan Elmendorf-Richardson, yang mengonfirmasi bahwa kapal-kapal itu ada di sana sebagai bagian dari latihan militer Rusia yang telah direncanakan sebelumnya yang diketahui oleh beberapa pejabat militer AS. (Baca: Tiga Pesawat AS Buru Kapal Selam China di Laut China Selatan )

Wadlow tidak memiliki informasi tentang ruang lingkup latihan tersebut atau berapa banyak kapal Rusia yang terlibat.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)