Siprus Siap Berdialog dengan Turki Tetapi Tidak di Bawah Ancaman

loading...
Siprus Siap Berdialog dengan Turki Tetapi Tidak di Bawah Ancaman
Presiden Siprus, Nicos Anastasiades. Foto/Traveltradecyprus
A+ A-
NICOSIA - Siprus selalu siap untuk memulai dialog dengan Turki untuk menyelesaikan perselisihan yang ada, tetapi hanya selama pihak lain menahan diri dari ancaman dan pemerasan. Hal ini ditegaskan Presiden Siprus, Nicos Anastasiades.

"Saya tegaskan bahwa Nicosia selalu siap untuk dialog, tetapi agar dialog menjadi efektif, itu harus didasarkan pada hukum internasional, tanpa pemerasan atau ancaman," kata Anastasiades kepada wartawan setelah berbicara dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel di Nicosia seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (16/9/2020).

Anastasiades juga menyatakan penyesalannya atas keputusan angkatan laut Turki untuk memperpanjang operasi pengeboran di lepas pantai Siprus, yang dibuat ketika Uni Eropa sedang mempertimbangkan langkah-langkah untuk mengakhiri tindakan ilegal Ankara.(Baca juga: Sambangi Siprus, Pompeo Prihatin dengan Aksi Turki di Mediterania)

"Kemarin sayangnya, NAVTEX Turki untuk memperluas pengeboran ilegal oleh kapal Yavuz diperpanjang ketika pada saat yang sama serangkaian inisiatif sedang berlangsung untuk mengakhiri tindakan melanggar hukum dan deeskalasi Ankara," ujarnya seperti dilansir dari Reuters.

Anastasiades mengatakan Turki akan melanjutkan provokasinya di Mediterania timur.



Ketegangan di Mediterania Timur telah meningkat selama berbulan-bulan di sekitar eksplorasi Turki untuk gas di perairan yang diklaim Siprus dan Yunani sebagai zona ekonomi eksklusifnya. Setelah Ankara mengeluarkan pemberitahuan Navtex pada bulan Agustus tentang pengiriman kapal Oruc Reis untuk mengebor apa yang dianggap Yunani sebagai landas kontinennya, yang terakhir membuat angkatan bersenjatanya waspada.(Baca juga: Turki: AS Perlu kembali ke Sikap Netral terhadap Siprus)

Awal pekan ini, angkatan laut Turki mengeluarkan nasihat maritim lain tentang perpanjangan operasi pengeboran di lepas pantai Siprus hingga 12 Oktober.
(ber)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top