Turki: AS Perlu kembali ke Sikap Netral terhadap Siprus

Senin, 14 September 2020 - 10:03 WIB
loading...
Turki: AS Perlu kembali ke Sikap Netral terhadap Siprus
Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo (kiri) dan Presiden Siprus Nicos Anastasiades melakukan salaman siku setelah konferensi pers di Istana Kepresidenan di Nicosia, Siprus, 12 September 2020. Foto/Petros Karadjias/Pool via REUTERS
A A A
ANKARA - Pemerintah Turki pada Senin (14/9/2020) mengatakan Amerika Serikat (AS) perlu kembali ke sikap netral terhadap Siprus. Pernyataan Ankara ini muncul setelah Washington dan Nicosia menandatangani nota kesepahaman untuk membuat pusat pelatihan militer.

Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo sebelumnya mengatakan bahwa Amerika akan mencabut embargo senjata yang sudah berlaku selama 33 tahun di Siprus dan memperdalam kerjasama keamanannya dengan Nicosia.

Selama kunjungan ke Siprus, Pompeo mengatakan pada hari Sabtu bahwa Washington "sangat prihatin" tentang tindakan Turki di Mediterania timur, di mana Turki terlibat kebuntuan dengan Yunani dan Siprus atas sengketa wilayah maritim yang kaya akan gas alam. (Baca: Erdogan Minta Uni Eropa Tak Memihak dalam Konflik Turki-Yunani )

"Nota kesepahaman tidak akan melayani perdamaian dan stabilitas di Mediterania timur dan akan merusak solusi masalah Siprus," kata Kementerian Luar Negeri Turki, seperti dikutip Reuters.

Kementerian itu menambahkan bahwa langkah-langkah baru-baru ini oleh Amerika Serikat meningkatkan ketegangan di Mediterania timur. (Baca: Bersitegang dengan Turki, Yunani Boyong Jet Tempur dan Kapal Perang )

"Kami mengundang AS untuk kembali ke kebijakan netralitas yang secara tradisional diikuti di pulau Siprus dan berkontribusi pada upaya yang ditujukan untuk solusi masalah Siprus," kata kementerian tersebut.

Pulau Mediterania timur terpecah dalam invasi Turki pada tahun 1974 yang dipicu oleh kudeta singkat yang diilhami oleh Yunani. Pemerintah Siprus Yunani yang diakui secara internasional mewakili seluruh pulau di Uni Eropa, meskipun otoritasnya secara efektif terbatas pada bagian selatan. Sedangkan Siprus Utara adalah negara Siprus Turki yang hanya diakui oleh Ankara. (Baca juga: Turki-Yunani Memanas, Ini Perbandingan Kekuatan Militernya )

Turki telah mengirim dua kapal survei ke wilayah terpisah di kawasan itu. Siprus dan Yunani memprotes keras tindakan Ankara, dengan mengatakan Ankara harus beroperasi di rak kontinental masing-masing.

Namun, Turki bersikeras memiliki klaim yang sah atas wilayah tersebut. Tidak ada kesepakatan antara Yunani dan Turki untuk membatasi landas kontinen mereka, sementara Turki membantah klaim apa pun oleh Siprus, yang tidak memiliki hubungan diplomatik.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)