Iklan Kampanye Trump Dukung Pasukan AS, tapi Pakai Gambar Jet Tempur Rusia

Rabu, 16 September 2020 - 00:00 WIB
loading...
Iklan Kampanye Trump Dukung Pasukan AS, tapi Pakai Gambar Jet Tempur Rusia
Iklan kampanye Presiden Donald Trump menyerukan orang-orang dukung pasukan Amerika Serikat, tapi menggunakan gambar jet tempur Rusia. Foto/Politico
A A A
WASHINGTON - Sebuah iklan kampanye Presiden Donald Trump untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) menyerukan orang-orang untuk untuk mendukung pasukan Amerika. Tapi, iklan itu justru menggunakan gambar jet tempur dan senapan serbu Rusia.

Iklan tersebut, yang saat ini telah dihapus, dibuat oleh Trump Make America Great Again Committee yang dijalankan oleh Komite Nasional Republik (RNC) dan Tim Kampanye Trump. (Baca: Trump dan Biden Berselisih soal Kebakaran Hutan AS )

Iklan digital untuk penggalangan dana kampanye Trump itu menampilkan siluet tiga tentara berjalan saat jet tempur buatan Rusia terbang di atas mereka. Iklan resmi dirilis pada 11 September 2020.

Iklan tersebut pertama kali muncul pada 8 September dan bertahan hingga 12 September 2020.

“Itu pasti MiG-29,” kata Pierre Sprey, yang membantu merancang pesawat F-16 dan A-10 untuk Angkatan Udara AS. "Saya senang melihatnya 'dukung pasukan kita'," ujarnya merujuk pada tulisan "support our troops". (Baca: Partai Komunis China Nyatakan Siap Perang dengan Negara ASEAN dan AS )

Dia memastikan jet tempur dalam iklan kampanye Trump itu MiG-29 karena terlihat dari sudut ekor pesawat, cara ekor disapu jauh ke belakang, jarak mesin, serta terowongan di antara keduanya.

Ruslan Pukhov, direktur Pusat Analisis Strategi dan Teknologi di Moskow, mengonfirmasi bahwa gambar pesawat dalam iklan itu memang MiG-29 Rusia. Dia juga mengatakan tentara paling kanan dalam gambar iklan tersebut membawa senapan serbu AK-74.

Sebagian besar uang dolar dan donasi digital yang dikumpulkan oleh panitia penggalangan dana itu digunakan untuk kampanye Trump. Presiden AS yang juga calon presiden (capres) petahana ini berambisi untuk menang kembali dalam pilpres November 2020.

Gambar dalam iklan tersebut adalah foto stok yang tersedia di Shutterstock.com dengan judul “Military silhouettes of soldiers and airforce against the backdrop of sunset sky". Dalam iklan itu pembuat gambarmenamai dirinya sebagai"BPTU"yang berbasis di Andorra, tetapi tidak menanggapi pesan Facebook. (Baca: Terungkap, AS Pernah Tembakkan Rudal yang Bisa Tepat Hantam Kim Jong-un )

Sementara itu rival Trump, yakni capres Partai Demokrat Joe Biden, sedang menyusun rencana untuk menyelamatkan ekonomi AS dari pandemi virus corona.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)