Disaksikan Rusia, China-India Sepakat Kurangi Ketegangan

Jum'at, 11 September 2020 - 14:38 WIB
loading...
A A A
Wang juga memberi tahu Jaishankar semua personel dan peralatan yang masuk tanpa izin di perbatasan harus dipindahkan untuk meredakan situasi.

Pada bulan Juni, ketegangan meletus menjadi bentrokan perbatasan di mana 20 tentara India tewas dan China menderita jumlah korban yang tidak diketahui.(Baca juga: Bentrok dengan China di Himalaya, 20 Tentara India Tewas )

Pertemuan para menteri berlangsung selama dua jam dan merupakan upaya diplomatik terbaru untuk mencegah konflik yang lebih luas antara dua negara terpadat di dunia, yang berperang pada tahun 1962.

Sementara itu media China yang berpengaruh dan surat kabar resmi Partai Komunis, Global Times, melaporkan pada hari Rabu bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) sedang memindahkan tentara, pembom, dan kendaraan lapis baja ke perbatasan.

Media pemerintah China juga baru-baru ini melaporkan latihan lompat bersenjata oleh pasukan terjun payung PLA di Tibet.

The Global Times mengatakan dalam editorial yang diterbitkan pada Kamis malam bahwa setiap pembicaraan dengan India harus digandengkan dengan "kesiapan perang".

"Pihak China harus sepenuhnya siap untuk mengambil tindakan militer ketika keterlibatan diplomatik gagal, dan pasukan garis depannya harus mampu menanggapi keadaan darurat, dan siap untuk berperang kapan saja," kata surat kabar itu.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)