Disaksikan Rusia, China-India Sepakat Kurangi Ketegangan

Jum'at, 11 September 2020 - 14:38 WIB
loading...
Disaksikan Rusia, China-India Sepakat Kurangi Ketegangan
Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - China dan India mengatakan telah menemui kata sepakat untuk mengurangi ketegangan di perbatasan Himalaya yang diperebutkan. Keduanya juga sepakat untuk mengambil langkah untuk memulihkan perdamaian dan ketenangan.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar bertemu di Moskow dan mencapai konsensus lima poin, termasuk kesepakatan bahwa pasukan dari kedua belah pihak harus segera melepaskan dan meredakan ketegangan. Hal itu diungkapkan kedua negara dalam pernyataan bersama.

Konsensus tersebut, yang dibuat di sela-sela pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai, muncul setelah konfrontasi di daerah perbatasan di Himalaya barat awal pekan ini.(Baca juga: Konflik dengan China Memanas, India Tes Tembak Rudal Hipersonik Pertamanya )

“Kedua Menteri Luar Negeri sepakat bahwa situasi saat ini di daerah perbatasan tidak menguntungkan kedua belah pihak. Karena itu mereka setuju bahwa pasukan perbatasan dari kedua belah pihak harus melanjutkan dialog mereka, segera melepaskan diri, menjaga jarak yang tepat dan meredakan ketegangan,” kata mereka dalam pernyataan itu seperti dikutip dari Reuters, Jumat (11/9/2020).

Sebuah sumber di India mengungkapkan Jaishankar mengatakan kepada Wang Yi bahwa tugas di depan mata adalah agar pasukan mundur dari "daerah gesekan" sehingga keadaan tidak menjadi lebih buruk. Untuk diketahui, pasukan kedua negara hanya berjarak beberapa ratus meter di beberapa titik.

Jaishankar memberi tahu Wang bahwa India sangat prihatin dengan penumpukan pasukan China di Garis Kontrol Aktual di perbatasan yang didefinisikan dengan buruk.

"Pihak China belum memberikan penjelasan yang kredibel untuk penempatan ini," kata sumber pemerintah India mengutip Jaishankar pada pertemuan tersebut.

"Perilaku provokatif pasukan garis depan China di berbagai insiden gesekan di sepanjang LAC juga menunjukkan pengabaian terhadap perjanjian dan protokol bilateral," kata Jaishankar, menambahkan setiap upaya sepihak untuk mengubah status quo akan ditolak.

China dan India menuduh satu sama lain menembak ke udara selama konfrontasi. Ini adalah pelanggaran terhadap protokol yang telah lama berlaku untuk tidak menggunakan senjata api di perbatasan sensitif.(Baca juga: Sengketa Memanas, China Tuduh Tentara India Lepaskan Tembakan )

"Wang mengatakan kepada Jaishankar bahwa keharusannya adalah segera menghentikan provokasi seperti penembakan dan tindakan berbahaya lainnya yang melanggar komitmen yang dibuat oleh kedua belah pihak," kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Wang juga memberi tahu Jaishankar semua personel dan peralatan yang masuk tanpa izin di perbatasan harus dipindahkan untuk meredakan situasi.

Pada bulan Juni, ketegangan meletus menjadi bentrokan perbatasan di mana 20 tentara India tewas dan China menderita jumlah korban yang tidak diketahui.(Baca juga: Bentrok dengan China di Himalaya, 20 Tentara India Tewas )

Pertemuan para menteri berlangsung selama dua jam dan merupakan upaya diplomatik terbaru untuk mencegah konflik yang lebih luas antara dua negara terpadat di dunia, yang berperang pada tahun 1962.

Sementara itu media China yang berpengaruh dan surat kabar resmi Partai Komunis, Global Times, melaporkan pada hari Rabu bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) sedang memindahkan tentara, pembom, dan kendaraan lapis baja ke perbatasan.

Media pemerintah China juga baru-baru ini melaporkan latihan lompat bersenjata oleh pasukan terjun payung PLA di Tibet.

The Global Times mengatakan dalam editorial yang diterbitkan pada Kamis malam bahwa setiap pembicaraan dengan India harus digandengkan dengan "kesiapan perang".

"Pihak China harus sepenuhnya siap untuk mengambil tindakan militer ketika keterlibatan diplomatik gagal, dan pasukan garis depannya harus mampu menanggapi keadaan darurat, dan siap untuk berperang kapan saja," kata surat kabar itu.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0907 seconds (0.1#10.140)