Ini Senjata Terobosan AS Jika Perang dengan China di Laut China Selatan

Jum'at, 11 September 2020 - 09:14 WIB
loading...
Ini Senjata Terobosan AS Jika Perang dengan China di Laut China Selatan
Kawasan Laut China Selatan yang jadi sengketa China dan negara-negara Asia Tenggara. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengumumkan senjata "terobosan besar" yang akan dikerahkan jika terjadi perang melawan China di Pasifik, termasuk di Laut China Selatan . Senjata itu adalah sistem tempur tanpa awak yang beroperasi di udara, permukaan laut dan bawah laut.

Berbagai sistem tempur tanpa awak itu rencananya akan dikerahkan mulai tahun 2021 untuk beroperasi dalam situasi pertempuran. (Baca: Trump: AS Punya Senjata Nuklir yang Belum Pernah Dilihat Rusia dan China )

"Kami sedang syuting untuk awal 2021 agar dapat menjalankan masalah pertempuran armada yang berpusat pada (kendaraan) tak berawak," kata Laksamana Muda Robert Gaucher, direktur markas besar maritim Armada Pasifik AS dalam pameran pertahanan tahunan Association for Unmanned Vehicle Systems International, yang dilansir Eurasian Times, Jumat (11/9/2020).

"Itu akan....berada di laut, di atas laut, dan di bawah laut saat kita bisa mendemonstrasikan bagaimana kita bisa menyelaraskan diri dengan (Komando Indo-Pasifik AS) mengarahkan untuk menggunakan eksperimen untuk mendorong kematian," katanya. (Baca: Pompeo kepada ASEAN: Jangan Biarkan Partai Komunis China Menginjak-injak Kita )

Gaucher menambahkan bahwa Angkatan Laut AS secara teratur menjalankan masalah pertempuran armada—yang menguji pengerahan pasukan untuk peperangan kelas atas—di Pasifik dan Atlantik yang biasanya dilakukan oleh kelompok tempur kapal induk.

Memasukkan teknologi drone baru ke dalam masalah pertempuran akan menjadi perubahan besar bagi layanan Angkatan Laut Amerika, yang berencana untuk menginvestasikan miliaran dolar dalam sistem tak berawak baru.

Angkatan Laut menginginkan dana USD2 miliar untuk membangun 10 kapal permukaan tak berawak yang besar selama lima tahun ke depan. Namun, Kongres telah mempertanyakannya dan bahkan telah memblokir Angkatan Laut untuk membeli kapal-kapal besar tak berawak. (Baca: Media China Sentil Indonesia karena Menentang Klaim China di Laut China Selatan )

“Saya ingin bisa menempatkan kapal permukaan tak berawak di dalam area yang ditolak musuh. Jika saya kehilangannya, saya kehilangan kapal yang jauh lebih murah dan saya tidak kehilangan nyawa orang Amerika, tetapi saya masih menciptakan masalah—apakah saya menyuruh mereka menembaknya dan saya mencari tahu di mana mereka....atau saya membuat mereka menyia-nyiakan senjata di atasnya atau saya mendapatkan beberapa tembakan sebelum saya kehilangannya," papar
Gaucher.

Angkatan Laut Amerika perlahan-lahan mengerahkan sistem tak berawak dan secara bertahap menguji kemampuannya. Layanan itu sebelumnya telah melakukan pengujian sistem tak berawak. Seperti tahun lalu, mereka mengirim kapal self-driving sepanjang 132 kaki, Sea Hunter, dari San Diego ke Hawaii dan kembali lagi. (Baca: Pentagon: China Lirik Indonesia Jadi Pangkalan Militernya )

Sea Hunter menjadi kapal pertama yang berhasil menavigasi secara otonom dari San Diego ke Pearl Harbor, Hawaii, dan kembali tanpa satu pun awak kapal. "Program Sea Hunter memimpin dunia dalam desain dan produksi kapal angkatan laut tak berawak dan sepenuhnya otonom," kata Gerry Fasano, presiden Leidos Defense Group, seperti dilansir Military.com.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)