Trump: AS Punya Senjata Nuklir yang Belum Pernah Dilihat Rusia dan China

Kamis, 10 September 2020 - 07:47 WIB
loading...
Trump: AS Punya Senjata Nuklir yang Belum Pernah Dilihat Rusia dan China
Awan jamur dari tes pertama bom hidrogen Ivy Mike Amerika Serikat (AS) di Enewetak, sebuah atol di Samudra Pasifik, pada tahun 1952. Foto/REUTERS/File Photo
A A A
WASHINGTON - Presiden Donald Trump sesumbar bahwa Amerika Serikat (AS) memiliki senjata nuklir yang belum pernah dilihat atau didengar siapa pun termasuk oleh Rusia dan China .

Pemimpin Gedung Putih ini membanggakan senjata tersebut dalam wawancaranya dengan jurnalis Bob Woodward, yang kutipannya munculdalam bukunya berjudul "Rage". Buku itu akan terbit dalam beberapa hari ke depan. (Baca: AS Pertimbangkan Ledakkan Bom Nuklir, Begini Reaksi China )

Pada hari Rabu (9/9/2020), Washington Post, di mana Woodward adalah editor asosiasi media tersebut, menerbitkan kutipan dari buku jurnalis yang bercerita tentang kepresidenan Trump.

Pernyataan tentang rahasia sistem senjata nuklir muncul di bagian di mana Trump membahas masa kepresidenannya pada tahun 2017 ketika AS dan Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) atau Korea Utara berada di ambang perang.

“Saya telah membangun nuklir—sistem senjata yang belum pernah dimiliki siapa pun di negara ini sebelumnya. Kami memiliki hal-hal yang belum pernah Anda lihat atau dengar," kata Trump kepada Woodward. (Baca: Pentagon: Hulu Ledak Nuklir China Akan Bertambah Dua Kali Lipat )

Menurutnya, AS memiliki hal-hal yang belum pernah didengar oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping sebelumnya.

"Tidak ada siapa-siapa—apa yang kami miliki luar biasa,” katanya.

Komentar itu menarik perhatian pembaca, yang merenungkan apa yang mungkin dimaksud Trump—atau, memang, jika pernyataannya akurat sama sekali. Trump dikenal melebih-lebihkan atau salah menyatakan fakta tentang teknologi militer, dari rudal hipersonik "super duper" yang diklaimnya 17 kali lebih cepat dari senjata yang ada hingga keyakinannya yang gigih bahwa F-35 Joint Strike Fighter sebenarnya tidak terlihat oleh mata manusia, apalagi oleh tidak oleh radar array milik musuh. (Baca: Senjata Nuklir China Disebut Bakal Dua Kali Lipat, Beijing Sentil Balik AS )

James Acton, co-director Carnegie Endowment for International Peace's Nuclear Policy Program, mengatakan di Twitter pada hari Rabu bahwa Trump bisa saja merujuk pada W76-2, hulu ledak nuklir berdaya rendah yang pembuatannya dipesan oleh Gedung Putih dalam dokumen Tinjauan Postur Nuklir 2018.

W76-2 memiliki daya ledak yang dilaporkan hanya 5 kiloton—sepertiga kekuatan bom yang menghancurkan Hiroshima, Jepang, pada bulan Agustus 1945.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)