Eksistensi Menjanjikan Surat Kabar Dunia

Minggu, 13 September 2020 - 06:00 WIB
loading...
Eksistensi Menjanjikan Surat Kabar Dunia
Eksistensi media massa mainstream, khususnya koran masih tetap menjanjikan meski harus menghadapi gempuran media online. Sejumlah surat kabar besar di dunia tetap mampu mendominasi pasar. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
EKSISTENSI media massa mainstream, khususnya media cetak (koran) masih tetap menjanjikan meski harus menghadapi gempuran media online yang begitu masif saat ini. Sejumlah surat kabar besar di dunia tetap mampu mendominasi pasar dari generasi ke generasi dan diperkirakan akan terus berkembang seiring dengan pergeseran perhatian ke distribusi online.

Berikut 10 surat kabar teratas di dunia pada 2020 berdasarkan sirkulasi, popularitas, distribusi online, dan distribusi fisik. (Baca juga: Rezim Otoriter Pembungkam Jurnalis Dunia, China Urutan Pertama)

1. USA TODAY
Eksistensi Menjanjikan Surat Kabar Dunia

Didirikan : 1982
Kantor Pusat : McLean, Virginia, AS
Sirkulasi rata-rata harian : 2,,2 juta eks
Pembaca Harian : 2,6 juta
USA Today adalah surat kabar pasar menengah harian Amerika yang didistribusikan secara internasional dan dicetak di lebih dari 37 situs di seluruh AS. USA Today menempati urutan pertama dalam sirkulasi di AS dengan sirkulasi cetak mingguan 726.906. USA Today juga memiliki basis pelanggan digital 504.000, dan pembaca harian 2,6 juta. (Baca juga: Media Harus Bertransformasi untuk Bertahan di Era New Normal)

2. The Guardian
Eksistensi Menjanjikan Surat Kabar Dunia

Didirikan : 1821
Kantor Pusat : London, Inggris
Sirkulasi Rata-rata harian : 126.879 eks
Pembaca Harian : 1,03 juta
The Guardian adalah surat kabar harian Inggris yang didirikan pada 1821 di London, Inggris. The Guardian dulu disebut The Machester Guardian dan saat ini memiliki rata-rata pembaca harian sekitar 1,03 juta dengan 126.879 eksemplar surat kabar harian yang beredar. (Baca juga: Napak Tilas Media Cetak di Era Kolonial)

3. The New York Times
Eksistensi Menjanjikan Surat Kabar Dunia

Didirikan : 1851
Kantor Pusat : New York, AS
Sirkulasi Rata-rata harian : 1,3 juta eks
Pembaca Harian : 4,3 juta
The New York Times adalah surat kabar Amerika yang berbasis di Kota New York dengan pengaruh dan pembaca di seluruh dunia. Koran ini didirikan pada 1851 dan telah memenangkan lebih dari 130 Hadiah Pulitzer, menjadikannya juga salah satu surat kabar paling bergengsi di dunia.

Dari segi sirkulasi harian, The New York Times menempati urutan ke-3 di AS dan merupakan salah satu surat kabar harian paling terkenal di dunia. Dengan perkiraan 4,3 juta pembaca harian, The New York Times adalah salah satu surat kabar terbesar di dunia pada 2020. (Baca juga: The New York Times Kembali Optimistis setelah Terpuruk)

4. The Wall Street Journal
Eksistensi Menjanjikan Surat Kabar Dunia

Didirikan : 1889
Kantor Pusat : New York, AS
Sirkulasi rata-rata harian : 2,8 juta eks
The Wall Street Journal - biasa disebut sebagai The Journal di AS - adalah surat kabar harian internasional berbahasa Inggris yang fokus pada bisnis yang berbasis di Kota New York, dengan edisi internasional juga tersedia dalam bahasa China dan Jepang. Termasuk edisi digital, The Wall Street Journal merupakan surat kabar paling banyak beredar di dunia setiap hari (2.834.000 eks). The Wall Street Journal adalah salah satu surat kabar teratas di dunia dan surat kabar yang paling banyak beredar di AS.

5. The Washington Post
Eksistensi Menjanjikan Surat Kabar Dunia

Didirikan : 1887

Kantor Pusat : Washington DC, AS
Sirkulasi rata-rata harian : 356.768 eks
The Washington Post dimiliki oleh pendiri Amazon Jeff Bezos dan menempati urutan nomor 5 dalam daftar surat kabar teratas di dunia pada. The Washington Post adalah surat kabar harian utama Amerika yang diterbitkan di Washington, DC.

Perusahaan ini sejak lama dikendalikan oleh keluarga Graham yang menjualnya ke Nash Holdings, sebuah perusahaan holding yang didirikan oleh Jeff Bezos dengan harga tunai USD250 juta. The Washington Post memiliki sirkulasi harian 356.768 untuk surat kabar edisi tradisional dan hampir 1 juta pembaca untuk edisi digital harian.

6. Daily Mail
Eksistensi Menjanjikan Surat Kabar Dunia

Didirikan : 1896
Kantor Pusat : London, Inggris
Sirkulasi rata-rata harian : 1,2 juta eks
Pembaca harian : 3,95 juta
The Daily Mail, surat kabar pasar menengah harian Inggris yang diterbitkan di London dalam format tabloid. The Daily Mail memiliki sirkualasi harian sebanyak 1,2 juta eks dan rata-rata pembaca harian 3,95 juta - menjadikannya salah satu surat kabar terbaik di dunia dalam hal jumlah pembaca harian. Surat kabar tersebut didirikan pada tahun 1896 di London, Inggris. (Lihat grafis: Hongqi S9 PHEV, Hypercar China Termahal dengan Tampilan Gahar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)