Pertama Kali, Jet-jet tempur China Dekati Taiwan Malam Hari

Selasa, 17 Maret 2020 - 15:31 WIB
Pertama Kali, Jet-jet tempur China Dekati Taiwan Malam Hari
Pertama Kali, Jet-jet tempur China Dekati Taiwan Malam Hari
A A A
TAIPEI - Pesawat-pesawat jet tempur China terbang di dekat wilayah udara Taiwan pada malam hari untuk pertama kalinya, kemarin. Kementerian Pertahanan Nasional (MND) Taiwan pada Selasa (17/3/2020) mengonfirmasi manuver militer Beijing tersebut.

"Setelah pengintaian udara dan pesawat patroli kami merespons dengan tepat, dan menyiarkan (perintah) untuk mengusir mereka, pesawat Komunis terbang menjauh dari Zona Identifikasi Pertahanan Udara kami," kata MND dalam sebuah pernyataan.

Manuver jet-jet tempur Beijing ini terjadi di saat China dan negara-negara di seluruh dunia sedang fokus memerangi pandemi virus corona jenis baru, COVID-19.

Juru bicara MND, Shih Shun-wen, mengatakan beberapa pesawat tempur China—yang tidak ditentukan jumlahnya—terdiri dari pesawat jet tempur J-11 dan pesawat peringatan dini KJ-500 terbang di atas perairan barat daya Taiwan dan mendekati zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) sekitar pukul 19.00 malam.

Menurut militer Taipei, militer Beijing kerap bermanuver di dekat wilayah udara Taiwan. Namun, aksi pada malam hari baru pertama kali terjadi.

Angkatan Udara Taiwan merespons dengan mengerahkan sejumlah jet tempur F-16 untuk memonitor pergerakan pesawat-pesawat militer Beijing.

Shih, seperti dikutip Focus Taiwan, mengatakan jet-jet tempur Taipei mengeluarkan peringatan radio untuk pesawat-pesawat Beijing, yang kemudian terbang jauh dari wilayah tersebut.

Berdasarkan catatan MND, terakhir kali militer Beijing melakukan misi serupa di dekat wilayah udara Taiwan adalah pada 28 Februari ketika sejumlah pesawat pembom H-6 China yang tidak ditentukan jumlahnya terbang di atas perairan barat daya Taiwan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4551 seconds (0.1#10.140)