Balas Serangan Roket, Koalisi AS Gempur Basis Milisi Pro Iran

Kamis, 12 Maret 2020 - 12:04 WIB
Balas Serangan Roket, Koalisi AS Gempur Basis Milisi Pro Iran
Balas Serangan Roket, Koalisi AS Gempur Basis Milisi Pro Iran
A A A
BAGHDAD - Koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan udara terhadap pangkalan milisi Irak pro Iran yang terletak di provinsi Anbar di perbatasan dengan Suriah.

Sky News Arabia melaporkan bahwa serangan udara itu ditujukan terhadap pangkalan milisi Pasukan Mobilisasi Populer (PMF) yang diketahui pro Iran.

"Pesawat AS melakukan serangan udara terhadap pangkalan milisi al-Hashd al-Shaabi di daerah desa al-Khuray di provinsi Anbar," bunyi laporan kantor berita tersebut seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (12/3/2020).

Bersamaan dengan laporan dari Irak, kantor berita pemerintah Suriah, SANA, melaporkan bahwa serangan udara sedang dilakukan di dekat pos pemeriksaan Suriah di perbatasan dengan Irak di kota Abu Kamal Deir ez-Zor. Menurut SANA, serangan itu menyebabkan kerusakan material.

Kantor berita negara bagian Ikhbariya Suriah mencatat bahwa serangan di wilayah Suriah dilakukan oleh pesawat terbang tak dikenal.

Tidak diketahui apakah outlet media melaporkan serangan udara yang sama.

Laporan itu muncul menyusul serangan roket terhadap pangkalan militer Taji di Irak, yang menampung pasukan koalisi pimpinan AS. Seorang juru bicara koalisi pimpinan AS mengkonfirmasi bahwa tiga personel tewas dalam serangan itu dan sekitar 12 personel terluka.

Setelah pernyataan koalisi, beberapa laporan muncul, bahwa setidaknya dua tentara AS dan satu tentara Inggris tewas dalam serangan roket di pangkalan itu. Laporan itu menambahkan bahwa beberapa orang lain juga terluka selama serangan itu. Laporan awal itu dikonfirmasi oleh juru bicara koalisi, yang mengatakan bahwa tiga personel koalisi tewas dan "sekitar" 12 lainnya terluka dalam serangan itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5714 seconds (0.1#10.140)