Korban Tewas Bertambah, California Deklarasi Darurat Virus Corona

Kamis, 05 Maret 2020 - 12:30 WIB
Korban Tewas Bertambah, California Deklarasi Darurat Virus Corona
Korban Tewas Bertambah, California Deklarasi Darurat Virus Corona
A A A
LOS ANGELES - Korban tewas akibat virus corona di Amerika Serikat (AS) meningkat menjadi 11 orang saat kasus baru muncul di sekitar New York City dan Los Angeles. Para pejabat kesehatan di Seattle berupaya meredam kekhawatiran publik dan tidak menganjurkan perkumpulan sosial saat wabah meluas.

"Korban tewas pertama akibat virus corona di California adalah seorang lanjut usia (lansia) di Placer County, dekat Sacramento," ungkap pejabat kesehatan setmepat.

Korban itu mengalami masalah kesehatan dan tampaknya terpapar corona di kapal pesiar yang berlayar antara San Francisco dan Meksiko bulan lalu.

Ini merupakan korban tewas pertama di luar negara bagian Washington, lokasi 10 orang yang tewas dalam satu klaster dengan 39 infeksi yang muncul melalui penyebaran komunitas di dua wilayah Seattle.

Meski pasien yang tewas di Placer County diyakini tidak terjangkit virus secara lokal, kasus itu dan kasus lain dari wilayah San Francisco Bay Area terkait dengan kapal pesiar yang sama, sehingga otoritas kesehatan mencari para penumpang kapal lain yang memiliki kontak dengan dua orang itu.

Beberapa jam setelah kematian itu diumumkan, Gubernur California Gavin Newsom mendeklarasikan darurat di seluruh negara bagian untuk merespon virus itu.

Menurut Newsom, telah ada 53 kasus di California. "Negara bagian California mengerahkan semua level pemerintahan untuk membantu mengidentifikasi kasus dan memperlambat penyebaran virus corona ini," papar Newsom.

"Enam pasien baru corona telah dikonfirmasi di Los Angeles County," ungkap pejabat kesehatan publik.

Salah satu pasien adalah kontraktor federal yang mungkin terpapar saat melakukan pemeriksaan medis di Bandara Internasional Los Angeles.

Tiga orang lainnya diduga terinfeksi saat melakukan perjalanan ke Italia utara yang sedang terkena wabah corona.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4880 seconds (0.1#10.140)