AS Gelar Latihan Mini Hadapi Serangan Nuklir Rusia

Sabtu, 22 Februari 2020 - 06:39 WIB
AS Gelar Latihan Mini Hadapi Serangan Nuklir Rusia
AS Gelar Latihan Mini Hadapi Serangan Nuklir Rusia
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper, akan ikut berpartisipasi dalam latihan bagaimana menghadapi serangan nuklir Rusia di Eropa. Hal itu diungkapkan oleh seorang pejabat senior Departemen Pertahanan AS.

"Kami melakukan latihan mini," kata pejabat itu.

"Skenario termasuk kontingensi Eropa di mana Anda melakukan perang dengan Rusia dan Rusia memutuskan untuk menggunakan senjata nuklir terbatas hasil rendah terhadap situs di wilayah NATO, dan kemudian Anda pergi melalui percakapan yang akan Anda lakukan dengan menteri pertahanan dan kemudian dengan presiden akhirnya memutuskan bagaimana merespons," jelasnya seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (22/2/2020).

Sebelumnya, seorang pejabat senior Departemen Pertahanan AS mengatakan kepada wartawan bahwa AS tidak memiliki rencana untuk menyebarkan rudal nuklir hasil rendah baru di Eropa sebagai tanggapan terhadap Rusia.

"Kami tidak memiliki niat untuk menerapkan sistem nuklir hasil rendah baru di Eropa. Respons kami terhadap pelanggaran Rusia adalah respons konvensional," kata pejabat itu.

"Kami akan merespons dengan rudal jelajah konvensional dan rudal balistik konvensional dari jangkauan yang sesuai dengan INF (Perjanjian Pasukan Nuklir Jangka Menengah)," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4041 seconds (0.1#10.140)