alexametrics

Korsel Berencana Pulangkan Warganya dari Kapal Pesiar Jepang

loading...
Korsel Berencana Pulangkan Warganya dari Kapal Pesiar Jepang
Korea Selatan (Korsel) mengatakan mereka akan mengevakuasi warga mereka yang berada di kapal pesiar mewah Diamond Princess. Foto/Reuters
A+ A-
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) mengatakan mereka akan mengevakuasi warga mereka yang berada di kapal pesiar mewah Diamond Princess. Seoul menuturkan, evakuasi itu dilakukan jika para warga Korsel itu dipastikan negatif dari virus Corona baru, Covid-19.

"Pemerintah berencana untuk membawa pulang orang-orang Korsel itu jika mereka dites negatif dari pemutaran oleh pihak berwenang Jepang dan bersedia untuk kembali," Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Korsel, Park Neung-hoo pada Minggu (16/2/2020).

Sebelum Korsel, Amerika Serikat (AS) telah terlebih dahulu mempersiapkan untuk mengevakuasi warga negaranya dari kapal tersebut dan menerbangkan mereka pulang dengan sebuah pesawat sewaan. Namun warga negara AS yang hasil uji cobanya positif Covid-19 tidak akan dapat meninggalkan Jepang.



Ada lebih dari 3.600 orang di kapal pesiar yang telah berlabuh di Yokohama, Jepang sejak 4 Februari. Kapal yang tengah di karantina itu adalah tempat terjadinya wabah virus yang terbesar, yang secara resmi dinamai Covid-19, di luar China.

Saat ini setidaknya ada 355 orang yang telah terkonfirmasi terpapar Covid-19 di dalam kapal pesiar tersebut. Jumlah ini termasuk temuan 70 orang baru yang terpapar virus tersebut pada hari ini.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak