Charlie Hebdo Kembali Terbitkan Kartun Nabi, Macron Sebut Kebebasan Pers

Rabu, 02 September 2020 - 16:22 WIB
loading...
Charlie Hebdo Kembali Terbitkan Kartun Nabi, Macron Sebut Kebebasan Pers
Charlie Hebdo kembali menerbitkan kartun Nabi Muhammad, Emmanuel Macron menyebut sebagai kebebasan pers. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
BEIRUT - Presiden Prancis Emmanuel Macron menolak untuk memberikan penilaian atas keputusan majalah satir Charlie Hebdo untuk menerbitkan kembali kartun Nabi Muhammad yang menimbulkan gelombang kemarahan di dunia Muslim saat mereka pertama kali dicetak.

“Tidak pernah menjadi tempat seorang presiden Republik untuk memberikan penilaian atas pilihan editorial jurnalis atau ruang berita, tidak pernah. Karena kami memiliki kebebasan pers,” kata Macron saat berkunjung ke Lebanon seperti dilansir dari Sputnik, Rabu (2/9/2020).(Baca: Sambangi Beirut, Macron Diminta Bantu Revolusi Pemerintahan Lebanon )

Namun, Macron menambahkan bahwa warga Prancis harus menunjukkan kesopanan dan rasa hormat satu sama lain dan menghindari dialog kebencian.

Komentar itu dibuat ketika Charlie Hebdo, majalah mingguan satir, mengatakan di Twitter bahwa mereka akan mencetak ulang 12 karikatur Nabi Muhammad pada malam persidangan dari tersangka kaki tangan serangan terhadap kantor majalah itu oleh pria bersenjata pada 2015 lalu di Paris.(Baca juga: Majalah Charlie Hebdo Terbitkan Ulang Kartun Nabi Muhammad )

"Kami tidak akan pernah tengkurap. Kami tidak akan pernah menyerah," tulis editor Laurent "Riss" Sourisseau sebagai pelengkap sampul depan.

Di antara kartun-kartun itu, yang sebagian besar pertama kali diterbitkan oleh surat kabar Denmark pada tahun 2005 dan kemudian oleh Charlie Hebdo pada tahun berikutnya, salah satu yang menggambarkan Nabi Muhammad mengenakan sorban berbentuk bom dengan sekring yang menyala.

Kartun-kartun itu telah memicu gelombang kemarahan di dunia Muslim, di mana setiap penggambaran Nabi Muhammad dianggap penghinaan.

Sebelum serangan mematikan itu, kelompok militan Islam secara online telah memperingatkan pihak Charlie Hebdo tentang konsekuensi penerbitan kartun tersebut.

Empat belas tersangka dalam serangan terhadap Charlie Hebdo dan Hyper Cacher pada 2015 lalu akan diadili di Paris pada hari ini waktu setempat.

Said bersaudara dan Cherif Kouachi mengamuk di kantor majalah itu pada 7 Januari yang menewaskan 12 orang, termasuk sejumlah kartunis Prancis ternama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)