PBB: Perubahan Iklim Bisa Sebabkan Gelombang Pengungsi Skala Besar

Kamis, 23 Januari 2020 - 22:08 WIB
PBB: Perubahan Iklim Bisa Sebabkan Gelombang Pengungsi Skala Besar
PBB: Perubahan Iklim Bisa Sebabkan Gelombang Pengungsi Skala Besar
A A A
JENEWA - Dunia perlu mempersiapkan gelombang pengungsi yang berpotensi jutaan orang diusir dari rumah mereka akibat dampak perubahan iklim. Peringatan itu disampaikan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi.

Grandi mengatakan, keputusan Komite Ham PBB baru-baru ini berarti mereka yang melarikan diri akibat perubahan iklim harus diperlakukan oleh negara penerima sebagai pengungsi, dengan implikasi luas bagi pemerintah.

Komite HAM PBB membuat keputusan penting sehubungan dengan Ioane Teitiota, dari negara Pasifik Kiribati, yang membawa kasus terhadap Selandia Baru setelah pihak berwenang menolak klaim suaka.

“Putusan itu menyatakan, jika Anda memiliki ancaman langsung terhadap hidup Anda karena perubahan iklim, karena keadaan darurat iklim, dan jika Anda melintasi perbatasan dan pergi ke negara lain, Anda tidak boleh dikirim kembali karena Anda akan berisiko terkena hidup, seperti dalam perang atau dalam situasi penganiayaan,” kata Grandi, seperti dilansir Al Arabiya.

"Kita harus siap menghadapi gelombang besar orang yang bergerak di luar kehendak mereka. Saya tidak berani berbicara tentang angka-angka tertentu, itu terlalu spekulatif, tapi tentu saja kita berbicara tentang jutaan di sini," sambungnya.

Dia menyebut, hal-hal potensial yang bisa menyebabkan gelombang pengusngsi termasuk kebakaran hutan seperti yang terlihat di Australia, naiknya permukaan laut yang memengaruhi pulau-pulau dataran rendah, perusakan tanaman dan ternak di Afrika sub-Sahara dan banjir di seluruh dunia, termasuk di beberapa bagian negara maju.

Sedangkan selama hampir 70 tahun UNHCR, badan pengungsi PBB, telah bekerja untuk membantu mereka yang melarikan diri dari negara-negara miskin sebagai akibat dari konflik, perubahan iklim akan lebih membabi buta, yang berarti negara-negara kaya dapat menjadi sumber meningkatnya pengungsi.

"Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa pergerakan pengungsi dan masalah migrasi populasi yang lebih luas adalah tantangan global yang tidak dapat dibatasi pada beberapa negara," ungkapnya.

Grandi mengatakan, pemerintah Eropa perlu berpikir keras tentang solusi untuk krisis migran yang telah mempengaruhi mereka sejak 2015, tetapi juga menunjukkan lebih banyak pemahaman tentang situasi Turki.

"Kita harus menyadari bahwa selama beberapa tahun terakhir (Turki) telah menjadi tuan rumah bagi populasi pengungsi terbesar di dunia. Ada banyak pembicaraan politik. Saya berkonsentrasi pada substansi ini, yaitu mari kita memperkuat kemampuan Turki untuk menampung para pengungsi sampai mereka dapat kembali dengan aman, secara sukarela ke negara mereka," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4429 seconds (0.1#10.140)