Partai Morales Tunjuk Capres dan Cawapres dalam Pemilu Bolivia

Minggu, 19 Januari 2020 - 00:01 WIB
Partai Morales Tunjuk Capres dan Cawapres dalam Pemilu Bolivia
Partai Morales Tunjuk Capres dan Cawapres dalam Pemilu Bolivia
A A A
LA PAZ - Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) David Choquehuanca dan petani koka Andronico Rodriguez maju sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari Partai Gerakan Sosialisme (MAS) yang dipimpin Evo Morales pada pemilu Mei di Bolivia.

Choquehuanca merupakan keturunan Indian Aymara dan Rodriguez adalah orang kepercayaan Morales. Proses pemilihan pasangan itu dilakukan secara mufakat pada Kamis (16/1).

Pemilihan mufakat itu membutuhkan persetujuan oleh Morales yang kini berada di pengasingan Argentina. Morales yang merupakan presiden pribumi pertama di Bolivia juga keturunan Aymara dan terkenal sebagai ketua serikat petani koka.

Morales melalui Twitter menyatakan, keduanya dalah "pra-kandidat" bersama dua calon lainnya.

Para pejabat senior MAS akan bertemu akhir pekan ini di Buenos Aires di mana Morales tinggal sebagai pencari suaka.

Tiket capres dan cawapres untuk maju dalam pemilu itu harus disahkan oleh pengadilan pemilu pada 3 Februari.

Choquehuanca, 58, adalah politisi pribumi yang lahir di dataran tinggi Bolivia. Rodriguez, 30, merupakan wakil presiden serikat petani koka di kota Cochabamba.

Morales yang telah memimpin Bolivia selama hampir 14 tahun itu mundur pada 10 November setelah perselisihan pemilu memicu unjuk rasa sehingga aliansi, kepolisian dan militer mencabut dukungan kepadanya.

Setelah lari ke Meksiko, Morales tiba di Argentina pada Desember. Di sana dia tetap bersuara kritis tentang politik di Bolivia.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3454 seconds (0.1#10.140)