Video, Kapal Perang Rusia Pepet Kapal Perusak AS di Laut Arab

Sabtu, 11 Januari 2020 - 03:26 WIB
Video, Kapal Perang Rusia Pepet Kapal Perusak AS di Laut Arab
Video, Kapal Perang Rusia Pepet Kapal Perusak AS di Laut Arab
A A A
WASHINGTON - Insiden yang melibatkan Amerika Serikat (AS) dan Rusia kembali terjadi. Kali ini lokasinya adalah Laut Arab.

Angkatan Laut AS mengatakan kapal perang Rusia mendekati kapal perusak mereka, USS Farragut, dengan agresif ketika beroperasi di Laut Arab utara pada Kamis lalu. Kapal perang Rusia disebut telah mengabaikan peringatan dari kapal AS dan bisa berujung pada tabrakan antar kedua kapal.

"Pada hari Kamis, 9 Januari, ketika melakukan operasi rutin di Laut Arab Utara, USS Farragut secara agresif didekati oleh kapal Angkatan Laut Rusia," kata Armada Kelima Angkatan Laut AS, yang mengawasi operasi angkatan laut di Timur Tengah, dalam sebuah pernyataan.

"Farragut membunyikan lima suara pendek, sinyal maritim internasional untuk bahaya tabrakan, dan meminta kapal Rusia mengubah arah sesuai dengan alur aturan internasional. Kapal Rusia awalnya menolak tetapi akhirnya mengubah arah," sambung pernyataan.

"Sementara kapal Rusia mengambil tindakan, penundaan awal dalam mematuhi aturan internasional membuat pendekatan agresif itu meningkatkan risiko tabrakan," pernyataan itu menambahkan seperti dikutip dari CNN, Sabtu (11/1/2020).

Kapal perang Rusia akhirnya berbalik setelah komunikasi radio bridge-to-bridge dilakukan dengan kepal perusak AS.

Seorang pejabat Angkatan Laut AS mengatakan bahwa USS Farragut adalah bagian dari kelompok kapal induk USS Harry S. Truman. Kapal tersebut ditugaskan untuk mencegat potensi kapal-kapal musuh mendekati kapal induk.

Insiden ini adalah contoh terbaru dari insiden yang melibatkan pasukan militer AS dan Rusia yang oleh para pejabat Amerika digambarkan tidak aman dan provokatif.

Kejadian ini terjadi kira-kira tujuh bulan setelah insiden lain di Pasifik ketika kapal perang AS dan Rusia begitu dekat sehingga kapal AS harus melakukan manuver darurat untuk menghindari tabrakan.

Setelah insiden di bulan Juni, Angkatan Laut AS menuduh kapal perang Rusia bertindak dengan cara yang tidak aman dengan datang dalam jarak 100 kaki dari USS Chancellorsville. Ini memaksa kapal AS untuk melakukan manuver darurat guna menghindari tabrakan.

Dalam video yang diambil dari kapal Amerika, kedua kapal datang sangat dekat sehingga pelaut Rusia terlihat tampak berjemur di buritan kapal mereka.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3808 seconds (0.1#10.140)