Militer Iran: Jet-jet Tempur Israel Menyerang dari Wilayah Udara Irak

Minggu, 27 Oktober 2024 - 07:11 WIB
loading...
Militer Iran: Jet-jet...
Militer Iran sebut jet-jet tempur Israel menyerang dengan menggunakan wilayah udara Irak yang dikontrol Amerika Serikat. Foto/IDF
A A A
TEHERAN - Jet-jet tempur Israel menyerang Iran dengan menggunakan wilayah udara Irak yang dikontrol Amerika Serikat (AS) pada Sabtu. Demikian pernyataan militer Iran.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran mengatakan serangan militer Zionis kemarin terbatas dan menargetkan situs-situs militer.

Pernyataan tersebut, yang dikeluarkan pada Sabtu malam, mengatakan jet-jet tempur Israel yang ditempatkan dalam jarak 100 kilometer dari perbatasan Iran di wilayah udara Irak yang dikontrol oleh AS telah menembakkan sejumlah rudal yang diluncurkan dari udara ke sasaran-sasaran Iran pada Sabtu dini hari.



Disebutkan bahwa unit radar Iran di provinsi perbatasan Ilam dan Khuzestan dan dekat ibu kota Teheran mengalami kerusakan "kecil dan tidak efektif" sebagai akibat dari agresi Israel. Semua unit radar telah diperbaiki atau sedang diservis ulang.

“Selama tindakan ilegal dan tidak sah ini, sejumlah besar rudal berhasil dilacak dan dideteksi dan pesawat musuh diblokir untuk memasuki wilayah udara negara ini,” kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran, sepert dikutip IRNA, Minggu (27/10/2024).

Staf Umum tersebut mengatakan bahwa Iran berhak untuk menanggapi agresi Zionis pada waktu yang tepat, seraya menambahkan bahwa negara itu menegaskan kembali perlunya mencapai gencatan senjata yang berkelanjutan di Gaza dan Lebanon untuk mencegah terbunuhnya orang-orang tak berdosa di wilayah tersebut.

Militer Iran juga memperingatkan “pemerintah AS yang kriminal dan pembiak teroris” untuk menahan Israel atau menghadapi masalah lebih lanjut karena perang rezim Zionis tersebut di wilayah tersebut.

Iran tidak merinci jenis jet tempur Israel yang dikerahkan dalam serangan kemarin. Namun, sumber Israel mengatakan kepada Iran International bahwa jet-jet tempur siluman F-35 digunakan dalam misi pengeboman di Iran.

Meski demikian, militer Zionis merilis video yang menunjukkan jet-jet tempur F-15 dan F-16 dikerahkan dalam serangan terhadap Iran. Video itu menunjukkan seorang pilot tempur perempuan terlibat dalam serangan.

Laporan terbaru dari Tasnim News menyebutkan korban tewas akibat serangan Israel bertambah menjadi empat tentara Iran. Itu termasuk dua perwira yang bekerja di unit rudal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)