3 Fakta Isi Dokumen AS soal Israel Bersiap Serang Iran

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 14:11 WIB
loading...
A A A
Salah satu dokumen tersebut berjudul "Israel: Air Force Continues Preparations for Strike on Iran", menguraikan latihan-latihan Israel baru-baru ini yang tampaknya melatih operasi militer potensial terhadap Iran.

Persiapan-persiapan militer Zionis itu meliputi operasi pengisian bahan bakar udara-ke-udara, misi pencarian dan penyelamatan, dan reposisi sistem rudal untuk mengantisipasi potensi serangan Iran.

2. Dokumen Kedua Berisi Israel Pindahkan Amunisi untuk Serangan


Dokumen kedua mengungkap upaya Israel untuk memindahkan amunisi dan aset militer lainnya ke lokasi-lokasi strategis.

Meskipun menggambarkan gerakan dan latihan militer Israel, dokumen kedua ini tidak menyediakan citra satelit.

Intelijen AS yang dikumpulkan dari citra-citra satelit mata-matanya menunjukkan bahwa Israel sedang bersiap untuk melakukan serangan, tetapi tidak jelas apakah dokumen kedua ini mengungkapkan cakupan penuh rencana Israel terhadap Iran.

3. Israel Gunakan Sistem Rudal Golden Horizon dan Rocks


Yang menonjol dalam isi salah satu dokumen rahasia AS ini adalah penyebutan dua sistem Rudal Balistik yang Diluncurkan dari Udara (ALBM): Golden Horizon dan Rocks.

Rocks adalah sistem rudal jarak jauh yang dibuat oleh perusahaan Israel; Rafael, dan dirancang untuk menyerang berbagai target baik di atas maupun di bawah tanah.

Sedangkan Golden Horizon diduga merujuk pada sistem rudal Blue Sparrow dengan jangkauan sekitar 2.000 km (1.240 mil).

Arti pentingnya adalah bahwa hal itu akan menunjukkan bahwa Angkatan Udara Israel berencana untuk melakukan versi serangan ABLM yang serupa tetapi jauh lebih luas terhadap situs radar Iran di dekat Isfahan pada bulan April.

Dengan meluncurkan senjata-senjata ini dari jarak jauh dan jauh dari perbatasan Iran, hal itu akan menghindari kebutuhan pesawat tempur Israel untuk terbang di atas negara-negara tertentu di kawasan tersebut seperti Yordania.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)