Popularitas Pemerintahan Presiden Brasil Bolsonaro Turun Drastis

Minggu, 22 Desember 2019 - 06:03 WIB
Popularitas Pemerintahan Presiden Brasil Bolsonaro Turun Drastis
Popularitas Pemerintahan Presiden Brasil Bolsonaro Turun Drastis
A A A
BRASILIA - Tingkat popularitas pemerintahan Presiden Brasil Jair Bolsonaro merosot drastis dan tingkat penolakan publik meningkat berdasarkan hasil survei terbaru CNI/Ibope.

Gaya politiknya yang agresif dan lemahnya pemulihan ekonomi merusak popularitas pemerintahan Bolsonaro.

"Jumlah warga Brasil yang menilai pemerintahannya hebat atau bagus turun menjadi 29% dari 31% pada September. Publik yang menilai pemerintahannya buruk atau mengerikan meningkat menjadi 38% dari 34% dibandingkan survei sebelumnya," ungkap hasil survei terbaru, dilansir Reuters.

Rating positif pemerintahannya turun terus dalam empat survei Ibope sebelumnya tahun ini, turun dari 35% pada April. Rating negatif meningkat dari 27% pada April.

"Terus turunnya popularitas itu akibat tindakan Bolsonaro sendiri. Caranya memerintah dan berkomunikasi sangat agresif dan menciptakan sangat banyak kebisingan di sekitar presiden," tutur Leonardo Barreto, kepala lembaga konsultan Capital Politico yang berbasis di Brasilia.

Barreto menyatakan, survei yang juga dilakukan lobi industri CNI itu digelar pada 5-8 Desember, sebelum data terbaru menunjukkan ekonomi Brasil mengalami pemulihan.

Lembaga itu juga menyurvei pendapat publik sebelum perkembangan terbaru investigasi korupsi putra Bolsonaro, Senator Flavio Bolsonaro yang dapat merusak kredibilitas presiden sebagai pemberantas korupsi yang menjadi faktor utama popularitasnya.

Meski demikian, Bolsonaro tetap menjadi kandidat kuat untuk terpilih lagi pada pemilu 2022 karena oposisi masih terpecah. Pemulihan ekonomi dapat menjaga dukungan publik padanya.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3161 seconds (0.1#10.140)