Khalil al-Hayya Jadi Kandidat Kuat Pemimpin Hamas karena Tinggal di Qatar

Minggu, 20 Oktober 2024 - 18:05 WIB
loading...
A A A
Ketika ditanya tentang seruan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu agar Hamas menyerahkan senjatanya dan menyerah, para pejabat dari gerakan tersebut menjawab: “Tidak mungkin bagi kami untuk menyerah.

"Kami berjuang untuk kebebasan rakyat kami, dan kami tidak akan menerima penyerahan diri. Kami akan berjuang sampai peluru terakhir dan prajurit terakhir, seperti yang dilakukan Sinwar.”

Pembunuhan Sinwar merupakan salah satu kerugian paling signifikan bagi organisasi tersebut dalam beberapa dekade. Namun, terlepas dari tantangan untuk menggantikannya, Hamas memiliki sejarah panjang dalam kehilangan pemimpin sejak tahun 1990-an.

Meskipun Israel telah berhasil membunuh sebagian besar pemimpin dan pendiri Hamas, gerakan tersebut telah terbukti tangguh dalam kapasitasnya untuk menemukan pemimpin baru.

Di tengah krisis ini, masih ada pertanyaan mengenai nasib sandera Israel yang ditahan di Gaza dan siapa yang akan bertanggung jawab atas keselamatan dan perlindungan mereka.

Dalam konteks ini, Mohammed Sinwar, saudara Yahya Sinwar, telah muncul sebagai tokoh penting. Ia diyakini memimpin kelompok bersenjata Hamas yang tersisa dan mungkin memainkan peran penting dalam membentuk masa depan gerakan di Gaza.

Saat Hamas melewati momen kritis ini, perang di Gaza terus berlanjut.

Puluhan orang tewas di kamp pengungsi Jabalia di Gaza utara pada hari Sabtu ketika pasukan Israel mengintensifkan serangan terhadap apa yang dikatakan Israel sebagai upaya Hamas untuk berkumpul kembali.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0817 seconds (0.1#10.140)