Khalil al-Hayya Jadi Kandidat Kuat Pemimpin Hamas karena Tinggal di Qatar

Minggu, 20 Oktober 2024 - 18:05 WIB
loading...
Khalil al-Hayya Jadi...
Khalil al-Hayya akan menjadi kandidat kuat pemimpin Hamas karena tinggal di Qatar. Foto/X/@SprinterFamily
A A A
GAZA - Para pemimpin Hamas akan bersidang sekali lagi untuk memilih pengganti Yahya Sinwar.

Dua pejabat Hamas mengatakan kepada BBC bahwa diskusi untuk memilih pengganti pemimpin kelompok itu, Yahya Sinwar, yang pembunuhannya dikonfirmasi pada hari Kamis, akan segera dimulai.

Para pejabat itu mengatakan bahwa Khalil al-Hayya, wakil Sinwar dan pejabat paling senior kelompok itu di luar Gaza, dianggap sebagai kandidat yang kuat.

Al-Hayya, yang bermarkas di Qatar, saat ini memimpin delegasi Hamas dalam pembicaraan gencatan senjata antara kelompok itu dan Israel, dan memiliki pengetahuan, hubungan, dan pemahaman yang mendalam tentang situasi di Gaza.

Para pemimpin Hamas akan kembali bersidang untuk memilih pengganti Sinwar, yang merupakan orang paling dicari Israel, hanya dua bulan setelah pembunuhan mantan pemimpin Ismail Haniyeh di Teheran.

Seorang pejabat senior Hamas menggambarkan Sinwar sebagai arsitek serangan 7 Oktober, menekankan bahwa pengangkatannya dimaksudkan sebagai pesan perlawanan yang berani terhadap Israel.



Sejak Juli, negosiasi gencatan senjata telah terhenti, dan banyak yang percaya bahwa kepemimpinan Sinwar merupakan hambatan signifikan bagi kesepakatan gencatan senjata apa pun.

Meskipun Sinwar terbunuh, seorang pejabat senior Hamas menegaskan kembali kepada BBC bahwa persyaratan gerakan tersebut untuk menerima gencatan senjata dan pembebasan sandera Israel tidak berubah.

Hamas terus menuntut penarikan penuh Israel dari Gaza, diakhirinya permusuhan, pengalihan bantuan kemanusiaan, dan pembangunan kembali wilayah yang dilanda perang - persyaratan yang ditolak mentah-mentah oleh Israel, dengan bersikeras bahwa Hamas harus menyerah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)