3 Fakta Bahrain Sudah Jadi Sekutu AS Selama 53 Tahun

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 14:30 WIB
loading...
A A A
Dua keputusan kontroversial Bahrain di Timur Tengah itu membuat negara tersebut dianggap telah mengkhianati Liga Arab dan dijuluki sebagai noda hitam untuk serikat muslim.

3. AS Punya Peran Besar dalam Pertahanan Bahrain


Bahrain menjadi tuan rumah Armada Kelima Angkatan Laut AS dan Komando Pusat Angkatan Laut AS, dan berpartisipasi dalam koalisi militer yang dipimpin AS, termasuk Koalisi Global untuk Mengalahkan ISIS.

Bahrain adalah negara pertama di kawasan Teluk yang mengumumkan secara terbuka bahwa mereka telah bergabung dengan Konstruksi Keamanan Maritim Internasional yang dipimpin AS untuk mempromosikan kebebasan navigasi di kawasan tersebut.

Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) AS-Bahrain mulai berlaku pada tahun 2006.

Ekspor utama AS ke Bahrain meliputi pesawat terbang, mesin, dan kendaraan bermotor. Bantuan AS memungkinkan Pemerintah Bahrain terus memperoleh peralatan dan pelatihan yang dibutuhkannya untuk menyediakan pertahanannya sendiri dan untuk beroperasi bersama pasukan udara dan laut AS.

Tak heran jika Bahrain menjadi pihak yang ikut campur ketika AS dan Inggris melakukan upaya penyerangan terhadap kelompok Houthi yang menyerang kapal-kapal terkait Israel di Laut Merah sejak awal tahun 2024.

(sya)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)