7 Fakta Hubungan Israel dan Bahrain, Pengkhianat Umat Islam?

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 12:20 WIB
loading...
A A A
Tindakan tersebut membuat Bahrain kala itu dianggap sebagai pengkhianat Liga Arab, bahkan tidak sedikit juga pihak yang menyebut jika negara itu telah mengkhianati umat Islam di seluruh dunia.

4. Punya Hubungan Tersembunyi dengan Israel


Mundur ke tahun 2011, di tengah pemberontakan musim semi Arab, kabel Wikileaks yang dipublikasikan di Haaretz mengungkapkan beberapa hubungan tersembunyi antara pejabat Bahrain dan Israel.

Dalam pertemuan dengan duta besar AS pada bulan Februari 2005, raja Bahrain, Hamad bin Isa Al Khalifa, membanggakan kontaknya dengan badan intelijen nasional Israel, Mossad.

Ia mengindikasikan Bahrain siap mengembangkan hubungan di bidang lain juga.

5. Menjalin Hubungan Diplomatik Penuh dengan Israel


Puncak hubungan Israel dan Bahrain terjadi pada 11 September 2020, di mana kedua belah pihak telah sepakat menjalin hubungan diplomatik penuh.

Perjanjian tersebut ditandatangani pada tanggal 15 September 2020, di Gedung Putih di Washington DC.

Pada tanggal 18 Oktober 2020, delegasi Israel yang dipimpin Penasihat Keamanan Nasional Meir Ben-Shabbat melakukan perjalanan ke Manama, Bahrain, untuk menandatangani dokumen deklarasi normalisasi.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Israel juga menjalin hubungan dengan Uni Emirat Arab dan Maroko.

6. Israel Buka Kedutaan Besar Baru di Bahrain


Dilansir dari Al Jazeera, Israel dan Bahrain terus memperkuat hubungan setelah keduanya menjalin hubungan diplomatik penuh pada tahun 2020 sebagai bagian dari Kesepakatan Abraham.

Setelah hubungan itu berdiri, Israel langsung membangun kedutaan besar di ibu kota Manama pada tahun 2021. Kemudian, di tahun 2023, Tel Aviv mengganti kantor kedutaannya dengan yang baru.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)