1 Tahun Serangan 7 Oktober, Bagaimana Invasi Hamas Memicu Perang Berdarah di Timur Tengah?

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 19:35 WIB
loading...
A A A
Kali ini, keluarga tersebut tidak dapat melarikan diri tepat waktu dan lima orang tewas, termasuk empat anak-anak. Sisanya tetap mengungsi hampir setahun kemudian, di Gaza dan di negara tetangga Mesir.

"Seseorang menghabiskan seluruh hidupnya untuk membangun rumah, dan tiba-tiba itu menjadi fatamorgana," kata Abu Sharia kepada AFP. "Jika perang berhenti, kami akan membangun lagi di tempat yang sama karena kami tidak punya yang lain."

2. Konflik yang Meluas

Sementara Gaza tetap menjadi episentrum perang pasca-7 Oktober dan telah menanggung beban serangan balasan Israel yang menghancurkan – konflik telah meluas selama setahun terakhir hingga melanda bagian lain wilayah tersebut.

Melansir Al Arabiya, dalam beberapa minggu terakhir, Israel telah meningkatkan serangan secara drastis terhadap negara tetangga Lebanon, dengan menargetkan apa yang disebutnya sebagai benteng pertahanan Hizbullah di seluruh negeri. Israel mengatakan bahwa mereka berusaha mengamankan perbatasannya dengan Lebanon, sehingga puluhan ribu warga Israel yang mengungsi akibat baku tembak dengan Hizbullah selama hampir setahun dapat kembali ke rumah.

Israel dan Hizbullah telah saling tembak dan melakukan serangan lintas batas sejak 8 Oktober 2023, sehari setelah Hamas, sekutu Palestina Hizbullah, menyerang Israel selatan. Namun, serangan kejutan besar-besaran dimulai hanya beberapa minggu yang lalu dengan pasukan Israel menyerang sistem komunikasi Hizbullah, melumpuhkan ratusan pejuang yang pager dan radio operasionalnya meledak, dan menewaskan sejumlah besar komandan senior Hizbullah, yang menghancurkan struktur komando kelompok tersebut.
Kemudian, pada 27 September, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah tewas dalam serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut, menandai momen transformatif bagi Timur Tengah. Wilayah tersebut masih terguncang oleh gempa susulan dari kematian seorang pria yang kepemimpinannya telah mendorong Hizbullah menjadi salah satu proksi Iran yang paling efisien.

Hizbullah mengintensifkan serangan roket ke Israel utara sebagai tanggapan, tetapi, pada tanggal 1 Oktober, Israel dengan berani meningkatkan eskalasinya, meluncurkan serangan darat ke Lebanon selatan, dengan mengatakan pasukannya telah melintasi perbatasan untuk menargetkan posisi Hizbullah. Pada hari yang sama, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran mengatakan telah melancarkan serangan ke Israel sebagai balasan atas pembunuhan para pemimpin Hamas dan Hizbullah. Sekitar 200 rudal balistik diluncurkan ke Israel sebagai akibatnya.

Lebih dari 1,2 juta warga Lebanon telah mengungsi akibat serangan Israel, dan hampir 2.000 orang telah tewas sejak dimulainya serangan Israel di Lebanon selama setahun terakhir, sebagian besar dari mereka dalam dua minggu terakhir, kata otoritas Lebanon.

Pada Jumat pagi, kementerian kesehatan Lebanon mengatakan 27 orang tewas dan 151 orang terluka pada hari sebelumnya.

Saat eskalasi terus meluas ke Laut Merah, serangan oleh Houthi Yaman – yang mengklaim solidaritas dengan Hamas – terus memengaruhi salah satu rute pelayaran utama dunia.

3. Konflik Regional Terus Meluas

Saat operasi militer Israel di Gaza mendekati tahun pertamanya, para ahli memperingatkan tentang eskalasi berbahaya dalam ketegangan regional dan kurangnya strategi keluar yang jelas. Pada saat yang sama, krisis kemanusiaan di daerah kantong Palestina semakin dalam.

Burcu Ozcelik, seorang peneliti senior untuk Keamanan Timur Tengah di Royal United Services Institute (RUSI), mengatakan kepada Al Arabiya English bahwa serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 terhadap Israel telah berdampak besar pada jiwa negara itu, yang berpotensi memengaruhi pendekatan keamanannya terhadap Gaza dan Lebanon.

Membandingkan skala serangan dengan 9/11, Ozcelik mencatat bahwa dampaknya terhadap Israel secara proporsional lebih parah.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0702 seconds (0.1#10.140)