3 Dampak Invasi Darat Israel bagi Lebanon dan Keamanan Timur Tengah

Rabu, 02 Oktober 2024 - 16:01 WIB
loading...
3 Dampak Invasi Darat...
Israel terus menyerang wilayah Lebanon. Foto/anadolu
A A A
BEIRUT - Invasi darat Israel ke Lebanon dilaporkan telah resmi dilakukan, membuat perang di Timur Tengah semakin meluas. Pihak Negeri Yahudi mengungkapkan jika serangan ini dilancarkan untuk menarget Hizbullah.

Sebelumnya, Israel memang telah melakukan beberapa serangan ke Beirut. Mulai dari menggunakan bom pager hingga melancarkan serangan udara yang menewaskan pemimpin kelompok Hizbullah, Hassan Nasrallah.

Sebelum melancarkan serangan, militer Israel telah mengeluarkan peringatan "mendesak" kepada penduduk 25 desa di Lebanon selatan untuk segera mengungsi dari rumah mereka.

Jika invasi darat Israel ke Lebanon ini sukses dilancarkan, bukan tidak mungkin perang di wilayah Timur Tengah akan semakin meluas hingga akan terlibatnya negara-negara sekutu lainnya.

3 Dampak Invasi Darat Israel

1. Pasukan Lebanon Mundur dari Perbatasan Israel


Invasi darat yang dilakukan Israel membuat pasukan Lebanon mundur dari perbatasan. Diketahui jika serangan Negeri Yahudi telah menghantam pinggiran selatan Beirut, kata sumber keamanan.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan kepada kepala dewan lokal di Israel utara bahwa fase berikutnya dari perang di sepanjang perbatasan selatan Lebanon akan segera dimulai, dan mereka akan menggunakan segala cara yang mungkin diperlukan.

Pasukan Lebanon mundur sekitar lima kilometer dari posisi di sepanjang perbatasan selatan Lebanon dengan Israel, sumber keamanan Lebanon mengatakan kepada Reuters. Seorang juru bicara militer Lebanon tidak mengonfirmasi atau membantah gerakan tersebut.

2. Berbagai Pihak Meminta PBB Mengambil Langkah Tegas


Perang yang semakin meluas di Timur Tengah ini membuat sejumlah negara meminta Dewan Keamanan PBB bertindak dengan menegakkan aturan hukum internasional atas "upaya invasi darat" ilegal Israel di Lebanon.

Salah satu pihak yang gencar memberi seruan terhadap PBB adalah Turki yang menyebutkan jika Dewan Keamanan PBB harus menegakkan hukum internasional dan mengambil tindakan yang diperlukan terhadap serangan yang bertujuan untuk menduduki Lebanon.

Pihak Turki menyebutkan jika serangan Israel ke Lebanon akan membahayakan keamanan dan stabilitas kawasan Timur Tengah.

Perkembangan situasi ini juga akan mempengaruhi negara-negara yang memberikan dukungan militer dan politik untuk kedua negara.

3. Iran Turun Tangan


Invasi darat Israel ke Lebanon ini rupanya telah membuat Iran turun tangan. Belum lama ini, Teheran meluncurkan sekitar 180 rudal ke Israel, kata militer Israel. Serangan kali ini lebih besar daripada serangan April lalu.

Rekaman yang disiarkan oleh stasiun televisi Israel menunjukkan beberapa rudal melesat di atas wilayah Tel Aviv, pada Selasa (01/10).

Militer Iran mengatakan pasukannya menggunakan rudal hipersonik untuk pertama kalinya dan mengklaim 90% rudal mengenai sasarannya.

Sumber militer Iran mengatakan kepada media pemerintah di Teheran bahwa mereka telah menargetkan tiga pangkalan militer Israel dalam serangan itu.

Dari berbagai dampak invasi darat Israel ke Lebanon ini maka perang besar diprediksi akan semakin dekat terjadi di Timur Tengah. Terlebih jika nantinya AS dan sekutu Barat Israel turun tangan.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)