3 Kehebatan Hassan Nasrallah yang Membuatnya Ditakuti Israel, Apa Saja?

Selasa, 01 Oktober 2024 - 17:30 WIB
loading...
3 Kehebatan Hassan Nasrallah...
Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah. Foto/anadolu
A A A
BEIRUT - Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah terbunuh dalam serangkaian serangan udara Israel di Beirut selatan, Jumat (27/9/2024).

Operasi pembunuhan itu dilakukan tentara Zionis dengan melibatkan jet tempur F-15i dan bom penembus bunker BLU-109.

Melihat ke belakang, Nasrallah naik ke tampuk pimpinan Hizbullah pada 1992. Waktu itu, ia ditunjuk menggantikan Abbas al-Musawi yang tewas dibunuh Israel bersama istri dan anaknya.

Sepanjang kepemimpinannya, Nasrallah telah menghadirkan citra tersendiri, baik dalam kelompoknya maupun pihak luar, termasuk Israel yang menjadi musuh Hizbullah.

Di sisi Zionis, mereka menganggap Nasrallah sebagai ancaman besar, sehingga selalu mencari cara untuk segera menghabisinya.

Kehebatan Hassan Nasrallah yang Membuatnya Ditakuti Israel

1. Membawa Perubahan untuk Hizbullah


Hassan Nasrallah telah memimpin Hizbullah selama lebih dari tiga dekade. Sepanjang itu, ia telah berhasil mengubah kelompok militan di Lebanon ini menjadi salah satu pasukan paramiliter terkuat di Timur Tengah.

Terpilih sebagai pengganti al-Musawi sebagai Sekjen Hizbullah, Nasrallah menjalankan tugasnya dengan baik. Terbukti, selama berada di bawah kepemimpinannya, Hizbullah mendapat banyak kemajuan.

Bukan hanya serdadu loyal dan dukungan politik yang meluas, Hizbullah bahkan memperoleh banyak senjata.
Missile Threat bahkan menyebutnya sebagai kelompok pejuang dengan persenjataan terbesar di dunia.

Belum lagi, ada kebijakan-kebijakan Nasrallah yang terbukti membawa kemajuan bagi kelompoknya.

Sebut saja seperti dukungan penuh kepada Palestina di tengah pembiaran yang dilakukan negara-negara Muslim di sekitar mereka.

2. Sosoknya Karismatik


Kepribadian Hassan Nasrallah yang karismatik telah menjadikannya tokoh penting bagi Hizbullah.

Kelebihan yang tidak dimiliki semua orang itu semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu pemimpin tertinggi di dunia Arab.

Karisma Nasrallah sangat luas, termasuk elegi-eleginya tentang sejarah penindasan di Timur Tengah. Dibantu oleh perangkat media Hizbullah yang luas, sosoknya semakin disegani para anggota setianya yang rela mati untuk kepentingan kelompok.

Hal-hal seperti ini yang membuat Israel takut dan menganggapnya ancaman. Zionis percaya bahwa pancaran karisma yang dibawa Nasrallah bisa saja menjadikan serdadu Hizbullah lebih berani dan nekat dalam bertindak.

3. Pengobar Api Semangat


Pada Februari 1992, al-Musawi yang menjadi pendahulu Nasrallah terbunuh bersama istri dan anaknya dalam sebuah serangan udara Israel.

Saat berada di pemakamannya, Nasrallah menyampaikan pidato yang membuatnya semakin disegani.

“Kami akan meneruskan jalan ini… bahkan jika kami menjadi martir, kami semua dan rumah kami dihancurkan di atas kepala kami, kami tidak akan meninggalkan pilihan Perlawanan Islam,” ucap Nasrallah.

Tak sekadar omong kosong dalam pidato-pidatonya, Nasrallah benar-benar menjadi teladan bagi para anggota Hizbullah.

Memanfaatkan media yang dimiliki seperti saluran televisi, berita cetak hingga pertunjukan teater musikal, ia terus menyebarkan pesan-pesannya untuk membakar semangat para anggota Hizbullah.

Itulah beberapa kehebatan Hassan Nasrallah yang membuatnya ditakuti Israel.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0817 seconds (0.1#10.140)