3 Persamaan Israel dan ISIS yang Mengejutkan, Salah Satunya Penebar Teror

Senin, 30 September 2024 - 18:50 WIB
loading...
3 Persamaan Israel dan...
Tentara Israel memiliki banyak persamaan dengan ISIS. Foto/X/@IDF
A A A
GAZA - Ada sejumlah persamaan Israel dan ISIS yang menarik diketahui. Salah satunya tentang teror.

Sekilas, Israel dan ISIS bisa dipahami sebagai dua entitas berbeda. Di satu sisi Israel adalah negara, sementara ISIS merupakan kelompok militan bersenjata.

Terlepas dari itu, aksi-aksi yang dilakukan Israel dan ISIS sering memicu kemarahan dunia. Bahkan, tak jarang beberapa orang menganggap keduanya sama, yakni sering berbuat masalah dan kehebohan di ranah internasional.

Jika dicermati lebih jauh, memang ada beberapa aksi Israel yang rasanya mirip sebagaimana pernah dilakukan ISIS dulu. Berikut ini di antaranya.

Persamaan Israel dan ISIS

1. Sering menebar teror

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teror dimaknai sebagai usaha menciptakan ketakutan, kengerian, dan kekejaman oleh seseorang atau golongan. Selain itu, ada juga kata ‘meneror’ yang berarti berbuat kejam untuk menimbulkan rasa ngeri atau takut.

Penjelasan di atas rasanya cukup tepat untuk disematkan kepada Israel dan ISIS. Meski keduanya adalah entitas berbeda, namun tak bisa dipungkiri bahwa mereka memiliki riwayat melakukan teror.

Pada sisi ISIS, mereka dulu sering menebar teror di berbagai negara di dunia, termasuk dengan cara-cara ekstrem. Sama halnya, Israel juga melakukan teror, khususnya kepada warga di wilayah pendudukan Palestina.


2. Suka membantai warga sipil

Pada tujuannya, ISIS berniat mendirikan negara Islam pada wilayah yang dikuasai. Sementara Israel ingin menduduki Palestina dan menumpas semua musuhnya seperti Hamas.

Namun, aksi keduanya justru menjalar menjadi pembantaian warga sipil. Demi mewujudkan masing-masing ambisinya, mereka tidak segan untuk menyerang tempat-tempat umum dan membunuh warga tak bersalah.

Ironisnya, sebagian dari korban jiwa itu termasuk juga kalangan perempuan dan anak-anak. Tetapi, karena buta dengan ambisinya, baik ISIS maupun Israel tetap melanjutkan aksinya dan tidak mengindahkan kecaman pihak internasional.

Terbaru, saat Israel menyerang Lebanon dengan alasan untuk memburu serdadu Hizbullah, warga sipil di sana juga menjadi korban. Namun, sama halnya seperti Gaza, pasukan Zionis rasanya tidak akan berhenti sampai tujuannya tercapai.

3. Memakai propaganda busuk

Pada aksinya, ISIS dan Israel juga sering memakai propaganda guna memengaruhi pandangan dunia soal aksi-aksinya. Bentuknya pun beragam, termasuk menyebarkan buletin berita bohong.

Sebagai contoh, Israel menerbitkan berita untuk membenarkan kejahatan perangnya di Palestina. Meski menyebutnya sebagai operasi penumpasan Hamas, faktanya mereka mengebom kamp pengungsi warga sipil, rumah sakit, sekolah hingga fasilitas umum lainnya.

Itulah beberapa persamaan antara Israel dan ISIS yang bisa diketahui.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0776 seconds (0.1#10.140)