Iran Gunakan Radar Rusia Lacak Jet Tempur F-35 AS usai Soleimani Dibunuh

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 01:11 WIB
loading...
Iran Gunakan Radar Rusia Lacak Jet Tempur F-35 AS usai Soleimani Dibunuh
Beberapa pesawat jet tempur siluman F-35A terbang dari Pangkalan Udara Hill di Utah, Amerika Serikat. Foto/US Air Force
A A A
MOSKOW - Iran menggunakan radar Rusia untuk membantu Angkatan Darat-nya melacak pesawat jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS). Teknologi Moskow itu digunakan setelah kematian jenderal top Teheran, Qasem Soleimani, akibat serangan pesawat nirawak Amerika di Baghdad awal tahun ini.

Wakil direktur jenderal pusat penelitian Rezonans Rusia, Alexander Stuchilin, mengungkapkan hal tersebut di sela-sela forum militer dan teknis Army-2020 di luar Moskow awal pekan ini.

"Pada awal 2020, sistem (radar Rezonans-NE) ini mengidentifikasi F-35 AS dan terus melacaknya," kata Stuchilin, seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (28/8/2020). (Baca: Media Israel: Mossad Dukung Penjualan Jet Tempur Siluman F-35 AS ke UEA )

Dia merujuk pada "peristiwa terkenal" yang terjadi di awal tahun 2020, dalam anggukan yang jelas atas pembunuhan terhadap Qasem Soleimani, kepala Pasukan Quds—pasukan elite di Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran.

"Berkat personel sistem radar yang secara terbuka mentransmisikan informasi, termasuk terkait dengan rute penerbangan F-35, lawan tidak melakukan tindakan yang tidak dapat diperbaiki yang mungkin menyebabkan perang besar," ujar Stuchilin.

Pemimpin Rezonans menambahkan bahwa radar telah berada dalam layanan tempur konstan di Iran selama beberapa tahun sekarang. Baik pejabat Rusia maupun AS belum mengomentari pernyataan Stuchilin.

Ketegangan AS vs Iran

Soleimani dan komandan senior milisi Irak Abu Mahdi al-Muhandis tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di mobil mereka di dekat Bandara Internasional Baghdad pada 3 Januari 2020, dalam serangan yang disahkan oleh Presiden Donald Trump. (Baca juga: Pilot AS dan Belanda Jatuhkan 16 Bom GBU-39 dari Jet Tempur Siluman F-35 )

Hal ini mengakibatkan peningkatan besar ketegangan antara Teheran dan Washington, dengan Iran secara resmi merespons dengan melancarkan serangan udara terhadap dua pangkalan militer Irak yang menampung pasukan AS.

Serangan itu tidak menyebabkan kematian atau cedera serius, tetapi Pentagon sejak itu melaporkan bahwa setidaknya 109 prajurit AS telah didiagnosis dengan cedera otak traumatis.

Ketegangan AS-Iran telah berlangsung sejak 8 Mei 2018, ketika Presiden Trump mengumumkan keluarnya negara itu secara sepihak dari kesepakatan nuklir Iran 2015, yang juga dikenal sebagai Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), yang juga memberlakukan kembali sanksi ekonomi yang keras terhadap Teheran. Tepat setahun kemudian, Teheran mengumumkan akan mulai menangguhkan beberapa komitmen utama JCPOA.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)