Israel Seenaknya Bombardir Beirut dan Bantai 720 Orang, Mengapa Militer Lebanon Diam Saja?

Minggu, 29 September 2024 - 10:05 WIB
loading...
A A A
Banyak orang Lebanon dari berbagai aliran tidak akan melihat kekalahan Hizbullah sebagai masalah besar, mereka dapat dengan mudah menerimanya sebagai bagian penting dari tentara Lebanon. Namun, di Lebanon semua orang tahu bahwa ada garis merah antar-komunitas yang tidak dapat dilanggar.

"Menghadapi Hizbullah adalah resep langsung dan otomatis untuk perang saudara. Dan komando militer tahu bahwa prioritas utama adalah stabilitas internal terlebih dahulu daripada perang yang dapat berlarut-larut antara tentara itu sendiri dan Hizbullah," kata Helou.

Hubungan antara Hizbullah dan struktur keamanan Lebanon juga ditandai oleh beberapa momen konstruktif kerja sama yang krusial.

"Kita hanya perlu memikirkan kolaborasi antara Hizbullah dan Angkatan Darat Lebanon selama periode ekspansi maksimum ISIS di Suriah dan Irak, ketika elemen-elemen yang terkait dengan kelompok ISIS dan Al-Nusra hadir dan beroperasi di Lebanon sendiri dalam hal persiapan, pelatihan, dan perekrutan," kata Claudio Bortolotti, seorang peneliti dari Institut Penelitian Politik Internasional yang berpusat di Milan, kepada Euronews, yang dilansir Minggu (29/9/2024).

Sayap bersenjata Hizbullah memiliki struktur paramiliter yang unik. Mereka memiliki kapasitas penggunaan rudal balistik yang kuat, tetapi juga menggunakan unit gerilya sebagai infanteri dan tidak memiliki Angkatan Udara maupun resimen tank.

Sebaliknya, tentara reguler Lebanon memiliki struktur militer yang khas tetapi persenjataannya tidak memadai.

Peran Eropa pada Lebanon


"Uni Eropa selalu berusaha meningkatkan kemampuan Angkatan Bersenjata Lebanon. Dan itu bukan hal baru. Mereka telah membantu tentara Lebanon," jelas koresponden keamanan Lebanon, Agnes Helou.

"Yang terutama, katakanlah pertama-tama Jerman telah membantu tentara Lebanon untuk memelihara semua menara, menara pengintai di sisi Angkatan Laut, serta di sisi darat, perbatasan darat dengan Suriah dan di lokasi Angkatan Laut di Mediterania,” katanya.

"Beberapa negara Uni Eropa dan Amerika Serikat akan mencoba menyelenggarakan konferensi untuk membantu mempersenjatai tentara Lebanon di perbatasan selatan jika ada keputusan politik untuk mengirim tentara Lebanon," jelasnya.

"Jadi masalahnya bukan pada persenjataan atau kemampuan atau mungkin sarana, masalahnya hanya pada keputusan politik Lebanon untuk mengirim mereka atau mengerahkan mereka secara efektif."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)