Kapal Induk Truman AS Siap Dikerahkan setelah Perbaikan Berbulan-bulan

Kamis, 14 November 2019 - 06:46 WIB
Kapal Induk Truman AS Siap Dikerahkan setelah Perbaikan Berbulan-bulan
Kapal Induk Truman AS Siap Dikerahkan setelah Perbaikan Berbulan-bulan
A A A
WASHINGTON - Kapal induk Amerika Serikat (AS), USS Harry S Truman (HST), dinyatakan siap untuk dikerahkan kembali setelah menjalani perbaikan listrik selama beberapa bulan. Komando Pasukan Armada AS (USFF) mengumumkan fungsi kapal raksasa itu sudah pulih total.

USFF tak merinci jadwal HST bergabung kembali dengan kelompok tempurnya untuk melakukan operasi laut.

Menurut rilis Komando Naval Sea Systems (NAVSEA), dari analisis teknik, ditambah dengan inspeksi beberapa kapal induk, menunjukkan bahwa masalah yang dialami hanya masalah lokal, bukan hal yang harus dikhawatirkan untuk seluruh armada kapal induk kelas Nimitz.

"Mengembalikan HST ke fungsionalitas penuh adalah upaya tim dengan sejumlah besar kerja dan kolaborasi oleh NAVSEA, mitra industri kami, pekerja galangan kapal, dan kru HST untuk mengatasi masalah teknis yang sangat menantang," kata Wakil Komandan NAVSEA Laksamana Thomas Moore dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari USNI News, Kamis (14/11/2019).

USFF menekankan bahwa segala upaya sedang dilakukan oleh Angkatan Laut AS untuk memastikan kapal induk dan awaknya siap untuk dikerahkan, namun tanggal target tidak diumumkan.

Masalah listrik yang dialami kapal induk USS Harry S Truman diketahui media pada Agustus lalu. Saat itu, militer Amerika bersiap mengerahkan Kelompok Tempur USS Harry S Truman untuk misi luar negeri. Anehnya, misi itu tidak bisa disertai kapal induk USS Harry S Truman karena mengalami masalah listrik yang tidak terduga. (Baca: Ngadat, Kapal Induk AS Harry S Truman Tak Bisa Dikerahkan )

Angkatan Laut AS saat itu mengakui bahwa kapal induk tersebut tak bisa menemani misi kelompok tempurnya karena harus memerlukan perbaikan. Misi itu akhirnya berjalan dengan kapal perang USS Lassen, USS Farragut, dan USS Forrest Sherman, bersama dengan kapal penjelajah USS Normandia.

Kapal-kapal perang tersebut berlayar dari pangkalan mereka di Norfolk, Virginia, dan Mayport, Florida. Sekelompok kapal perang itu akan disertai oleh helikopter dari Helicopter Maritime Squadron 72 Naval Air Station Jacksonville, Florida. Namun, kapal induk USS Harry S Truman tetap tak bisa diikutkan.

Langkah itu tidak biasa. Biasanya, jika kapal induk sedang dalam pemeliharaan atau karena alasan lain, itu akan diganti dengan kapal induk lain. Tetapi, armada kapal East Coast saat ini kekurangan alternatif yang cocok dalam inventaris karena masalah jaminan pemeliharaan dan keterlambatan pengiriman.

"Pada akhir Agustus, kapal induk Harry S Truman mengalami kerusakan listrik dalam sistem distribusi listrik kapal yang membutuhkan analisis dan perbaikan," kata juru bicara Komando Pasukan Armada AS Kapten Scott Miller kepada USNI News September lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4897 seconds (0.1#10.140)