Bohong soal Lokasi Kapal, Kapten Kapal Perang AS Dipecat

Selasa, 14 April 2020 - 09:07 WIB
loading...
Bohong soal Lokasi Kapal, Kapten Kapal Perang AS Dipecat
Kapal perang USS Decatur milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Foto/Diana Quinlan/US Navy/Handout via REUTERS
A A A
WASHINGTON - Sebuah laporan investigasi yang baru-baru ini diperoleh dari Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengungkapkan bahwa kapten kapal perang USS Decatur dipecat dari posisinya Januari lalu. Musababnya, dia berbohong soal koordinat lokasi kapal ke layanan Angkatan Laut Amerika, yakni Armada Ketiga.

Laporan koordinat lokasi kapal USS Decatur tidak akurat atau tidak sesuai dengan fakta.

Juru bicara Armada Ke-3 Angkatan Laut AS, Letnan Rochelle Rieger, mengungkapkan kepada Task dan Purpose pada 16 Januari bahwa kapten John "Bob" Bowen telah dipecat dari posisinya sebagai komandan USS Decatur. Layanan Angkatan Laut AS, kata dia, kehilangan kepercayaan atas kemampuannya untuk memerintah setelah dilakukan investigasi.

Hampir tiga bulan kemudian, San Diego Union-Tribune memperoleh catatan dari investigasi tersebut, yang merinci bahwa Bowen telah melaporkan koordinat palsu ke Armada Ke-3 dalam upaya untuk menutupi pemberhentian empat jam untuk pemeliharaan pada poros baling-baling yang keluar dari keterpaduan saat bepergian antara Hawaii dan California Seal Beach Naval Weapons Station pada 13 September.

Untuk membuatnya tampak seolah-olah kapal perusak kelas Arleigh Burke itu tidak pernah berhenti selama perjalanannya, Decatur's Combat Information Center menonaktifkan Link 16 dan sistem elektronik Global Command and Control untuk mencegah posisi aktual kapal dikomunikasikan secara otomatis.

"Ada selembar kertas di mana waktu dan kecepatan dihitung," kata seorang pelaut yang menyatakan bahwa dia menolak untuk berpartisipasi dalam kebohongan tersebut. "Itu, menurut pendapat saya, dirancang agar terlihat seperti kita melanjutkan jejak kita...ketika kita tidak melakukannya," ujar pelaut yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dikutip Sputniknews, Selasa (14/4/2020).

Namun, ketika diwawancarai oleh penyelidik, Bowen mengklaim dia tidak ingat memerintahkan kru untuk mematikan pelacak elektronik atau melaporkan koordinat palsu. Pada saat yang sama, dia mengakui memberi tahu petugas jembatan untuk tidak berkomunikasi dengan Armada ke-3 bahwa mereka sudah mati atau tidak aktif di air.

"Saya tidak mengerti manfaat dari tidak memberi tahu mereka posisi kami," kata Bowen kepada investigator, menurut transkrip investigasi. “Oke, kami tidak memberi tahu mereka bahwa kami akan (mati di air) untuk melakukan (kalibrasi nada). Baiklah tidak apa-apa. Tetapi mengapa kita perlu memalsukan posisi kita? Itu tidak masuk akal bagi saya."

Sebelum dipecat, John Bowen adalah komandan kapal perusak kelas Arleigh Burke USS Decatur (DDG 73) yang memantau operasi selama latihan Neon Union 19. Neon Union 19 adalah latihan operasi keamanan laut dan udara bilateral untuk memperkuat kemampuan perang yang kritis dan meningkatkan kesiapan interoperabilitas dan operasional antara Angkatan Laut Amerika Serikat dan Angkatan Laut dan Angkatan Udara Kerajaan Bahrain.

"Saya tidak melihat alasan untuk memberi tahu Armada Ketiga bahwa kita, maksud saya, selama kita tidak melakukan sesuatu yang gila," imbuh Bowen selama penyelidikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)