7 Fakta #BlockTheBoat, Gerakan untuk Stop Kapal Kargo yang Bawa Bahan Peledak ke Tel Aviv

Sabtu, 14 September 2024 - 23:55 WIB
loading...
A A A
Orang dalam industri mencatat pada bulan Maret bahwa produksi massal amunisi Israel akan terhambat oleh terbatasnya ketersediaan RDX di pasar global.


3. Dipasok oleh Jerman, Sekutu Utama Israel

MV Kathrin adalah kapal kargo milik Jerman dan Jerman telah menjadi pemasok utama senjata bagi Israel selama perang genosida terhadap 2,3 juta penduduk sipil Gaza.

Jerman sudah menghadapi tuntutan di Mahkamah Internasional (ICJ) atas keterlibatannya dalam genosida Israel di Gaza dalam kasus yang diajukan oleh Afrika Selatan ke pengadilan tinggi PBB akhir tahun lalu.

4. Difasilitas oleh Vietnam

Kapal itu dimuat di Vietnam. Rezim Israel melanjutkan kerja sama militernya dengan Vietnam satu dekade lalu, meskipun dukungan rakyatnya terhadap hak-hak Palestina.

Vietnam sekarang memfasilitasi ekspor bahan peledak yang sama yang digunakan AS untuk memusnahkan dan melukai jutaan orang Vietnam dalam Perang Vietnam (1954–75).

Kathrin dijadwalkan untuk membongkar muatannya di Koper, Slovenia. Ini menandai kejadian kedua dalam beberapa bulan terakhir di mana pelabuhan Slovenia terlibat dalam transfer senjata ilegal ke Israel.

Hal ini juga menimbulkan kekhawatiran tentang kurangnya kepatuhan Slovenia terhadap hukum internasional dan putusan ICJ tentang genosida yang sedang berlangsung di Palestina.

5. Kapal Kargo Berbendera Portugis

MV Kathrin terdaftar di bawah bendera Portugis melalui International Shipping Register of Madeira (MAR), yang merupakan salah satu register kapal dan yacht terkemuka di Uni Eropa.

Meskipun ada seruan dari organisasi solidaritas Palestina Portugis dan partai politik seperti Bloco de Esquerda, Menteri Luar Negeri Portugis Paulo Rangel pada akhir Agustus menghindari tanggung jawab, dengan mengklaim bahwa Kathrin tidak mengangkut senjata siap pakai, tidak menuju wilayah pendudukan Israel, dan bahwa perdagangan senjata ini memiliki "tujuan komersial."

Pada hari Jumat, Pusat Dukungan Hukum Eropa (ELSC) mengirimkan pemberitahuan hukum kepada pemerintah Portugis yang menuntut pencabutan benderanya dari MV Kathrin "sesuai dengan kewajiban erga omnes untuk mencegah kejahatan Genosida."

Prancis, Italia, dan Swiss adalah negara-negara lain yang terlibat dalam genosida Israel. Africa Global Logistics (AGL) adalah operator logistik Prancis yang berkantor pusat di Puteaux.

Meskipun AGL beroperasi secara independen, perusahaan ini merupakan bagian integral dari Divisi Kargo grup MSC Italia-Swiss.

6. Gerakan Boikot Mulai Menyebar

Pada tanggal 20 Agustus, hampir sebulan setelah MV Kathrin meninggalkan pelabuhan Hai Phong, Komite Nasional BDS Palestina (BNC) memperingatkan para aktivis dan pembuat keputusan di Namibia mengenai MV Kathrin yang akan tiba di pelabuhan Teluk Walvis.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)