9 Perang Paling Mematikan, Salah Satunya Konflik Kongo yang Mewaskan 3 Juta Orang

Kamis, 12 September 2024 - 18:25 WIB
loading...
A A A
Bulan itu konflik tersebut menjadi konflik internasional ketika sebuah koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi bergerak untuk mengusir Houthi dari kekuasaan dan memulihkan pemerintahan Hadi. Secara luas diyakini bahwa Iran memberikan dukungan material kepada Houthi, dan banyak pengiriman senjata dari Iran disita dalam perjalanan ke zona konflik.

Pada akhir tahun 2021, Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan lebih dari 375.000 jiwa telah melayang akibat perang; penyebab tidak langsung, seperti kelaparan dan penyakit yang mudah diobati, bertanggung jawab atas lebih dari setengah dari jumlah tersebut. Selain itu, lebih dari tiga juta warga Yaman telah mengungsi akibat perang.

8. Perang Rusia-Ukraina (200.000 Orang Tewas)

9 Perang Paling Mematikan, Salah Satunya Konflik Kongo yang Mewaskan 3 Juta Orang

Foto/AP

Pada bulan Februari 2014, presiden Ukraina yang pro-Rusia, Viktor Yanukovych, disingkirkan dari kekuasaan setelah berbulan-bulan demonstrasi rakyat dan tindakan keras yang gagal terhadap pengunjuk rasa. Yanukovych melarikan diri ke Rusia dan, beberapa hari setelah keberangkatannya, pasukan Rusia yang menyamar menyerbu republik otonom Ukraina, Krimea.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan aneksasi ilegal Krimea pada bulan Maret, dan beberapa minggu kemudian pasukan Rusia yang menyamar menyerbu wilayah Ukraina, Donetsk dan Luhansk. Pada awal musim panas tahun 2014, pasukan pro-Rusia telah menguasai sebagian besar wilayah, dan pada bulan Juli, penerbangan Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh di atas wilayah yang dikuasai pemberontak oleh rudal permukaan-ke-udara yang dipasok Rusia. Hampir 300 penumpang dan awak tewas.

Gencatan senjata ditandatangani pada bulan Februari 2015 yang memperlambat tetapi tidak menghentikan pertumpahan darah, dan Donbas tetap dalam keadaan konflik yang membeku selama tujuh tahun berikutnya. Pada tahun 2021, lebih dari 14.000 orang tewas dalam pertempuran di Ukraina timur.

Pada tanggal 24 Februari 2022, Rusia melancarkan invasi skala penuh ke Ukraina. Meskipun pasukan Rusia memperoleh keuntungan yang signifikan pada hari-hari pertama pertempuran, para pembela Ukraina menolak upaya untuk merebut Kyiv dan kota-kota besar lainnya dan segera melancarkan serangan balik ke posisi Rusia.

Invasi Rusia ditandai dengan pemboman artileri dan serangan udara tanpa pandang bulu di kota-kota Ukraina, dan sedikitnya 40.000 warga sipil Ukraina tewas dalam pertempuran tersebut. Mungkin 200.000 tentara Ukraina tewas dalam pertempuran dan lebih dari sepertiga penduduk Ukraina mengungsi akibat pertempuran.

Rusia juga melakukan kampanye pembersihan etnis di wilayah yang didudukinya, dan sebanyak 1,6 juta warga Ukraina dipindahkan secara paksa ke wilayah Rusia. Putin berharap dapat menyelesaikan penaklukannya atas Ukraina dalam hitungan hari, tetapi, setelah dua tahun pertempuran berdarah, sekitar 340.000 tentara Rusia telah tewas atau terluka, dan kemampuan militer konvensional Rusia telah menurun secara signifikan.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)