Langka, China Kerahkan 3 Kapal Induk Sekaligus, Ada Apa?

Kamis, 12 September 2024 - 08:02 WIB
loading...
Langka, China Kerahkan...
CNS Liaoning, satu dari tiga kapal induk China yang dikerahkan secara bersamaan. Foto/Kementerian Pertahanan Jepang via Aero Time
A A A
BEIJING - China telah mengerahkan tiga kapal induk sekaligus, termasuk yang sedang dalam uji coba laut. Seorang pengamat menyebutnya sebagai peristiwa langka dalam operasi Angkatan Laut negara tersebut.

Duan Dang, seorang analis keamanan yang berbasis di Vietnam yang melacak aktivitas militer China, mengatakan untuk waktu yang singkat pada 6 atau 7 September, seluruh armada kapal induk China berada di laut secara bersamaan, menandai peristiwa langka dalam operasi kapal induk negara itu.

China memiliki armada kapal induk terbesar kedua di dunia, dengan dua di antaranya dalam pelayanan—CNS Liaoning dan CNS Shandong—dan satu sedang dalam pengujian—CNS Fujian.



Amerika Serikat memiliki 11 "flat-tops" yang sedang bertugas, yang merupakan armada kapal induk terbesar di dunia.

Kapal induk adalah platform utama yang digunakan oleh China dan AS untuk memproyeksikan kekuatan laut dalam mendukung kepentingan nasional dan kebijakan luar negeri di wilayah terdekat mereka dan sekitarnya.

CNS Liaoning terlihat di dermaga di pelabuhan asalnya di Qingdao di provinsi timur Shandong pada hari Jumat, menurut citra satelit sumber terbuka. Kapal itu terlihat tidak berada di pelabuhan pada 30 Agustus dan berada di Laut Bohai pada 2 September untuk latihan.

CNS Liaoning seberat 60.000 hingga 66.000 ton, yang dinamai menurut provinsi China, adalah kapal induk operasional pertama negara itu. Pembangunannya dimulai sebagai "flat-tops" Soviet pada tahun 1985. Setelah Uni Soviet bubar pada tahun 1991, pembangunannya dihentikan, dan mulai dijual.

Kapal induk yang belum rampung dibangun itu dijual pada tahun 1998 dan tiba di China empat tahun kemudian. Kapal itu ditugaskan dengan nama Liaoning pada tahun 2012 setelah dibangun kembali dan siap tempur pada tahun 2016.

CNS Shandong yang bermarkas di Laut China Selatan merupakan kapal induk China kedua yang bertugas, tidak berada di dermaga di pelabuhan asalnya di Sanya di provinsi pulau selatan Hainan, menurut citra satelit yang diambil pada hari Minggu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)