Jokowi Bakal Angkat Isu Rohingya dan Laut China Selatan di KTT ASEAN

Rabu, 30 Oktober 2019 - 13:35 WIB
Jokowi Bakal Angkat Isu Rohingya dan Laut China Selatan di KTT ASEAN
Jokowi Bakal Angkat Isu Rohingya dan Laut China Selatan di KTT ASEAN
A A A
JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan mengangkat sejumlah isu termasuk krisis Rohingya dan sengketa Laut China Selatan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Forum itu akan digelar di Bangkok, Thailand pada 3 dan 4 November 2019.

Rencana kehadiran Jokowi disampaaikan Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Indonesia Jose Tavares, Rabu (30/10/2019).

Selain kedua isu tersebut, menurut Jose, Jokowi juga akan membahas isu Indo-Pasifik, limbah beracun serta krisis migran.

"Pandangan ASEAN mengenai Indo-Pasifik, karena tahun lalu Presiden sudah menyampaikan kepada negara mitra bahwa ASEAN merancang satu pandangan mengenai Indo-Pasifik dan setelah satu tahun, rancangan tersebut telah rampung," kata Jose.

"Kami kira itu yang akan disampaikan Presiden. Tapi, tentu saja ada hal-hal penting lainnya yang menyangkut kerjasama ekonomi komprehensif di kawasan, juga Laut China Selatan, Rakhine State, manajemen bencana, mungkin plastik atau limbah beracun, itu kemungkinan besar akan disampaikan Presiden," paparnya.

Kendati demikian, sambung Jose, kepastian apa saja yang akan diangkat Jokowi dalam pertemuan kawasan tersebut bisa diketahui usai pertemuan itu berlangsung pada akhir pekan ini.

Dalam forum ASEAN, Jokowi juga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah kepala negara dan juga akan menghadiri pertemuan antara ASEAN dengan negara mitra, seperti dengan China dan India.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4095 seconds (0.1#10.140)