Presiden Ukraina Minta Bantuan Pejuang Hayat Tahrir al-Sham (HTS) di Suriah

Rabu, 11 September 2024 - 17:30 WIB
loading...
Presiden Ukraina Minta...
Pemerintahan Ukraina meminta bantuan pejuang Hayat Tahrir al-Shams di Suriah. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Pemerintahan Ukraina , yang terungkap bekerja sama dengan PKK/PYD untuk melakukan operasi rahasia melawan tentara Rusia di Suriah, kini telah menjalin hubungan dengan teroris Hayat Tahrir al-Sham (HTS) yang menduduki Idlib, Suriah.

Sumber lokal melaporkan bahwa delegasi dari Ukraina pergi ke Idlib dalam beberapa bulan terakhir dan bertemu dengan para pemimpin organisasi pejuang Tahrir al-Sham. Rincian pertemuan tersebut juga ditampilkan di Lekolin, situs analisis organisasi PKK.

Berdasarkan laporan Lekolin, pertemuan di Idlib terjadi pada 18 Juni 2024. Dalam berita tersebut disebutkan bahwa delegasi Ukraina bertemu dengan Heysem Ă–meri, salah satu pemimpin HTS, dan tindakan pengamanan ekstensif dilakukan di tempat pertemuan tersebut diadakan.

Menariknya, delegasi Ukraina dalam pertemuan tersebut meminta pembebasan pemimpin kenamaan Omar al-Shishani yang tercatat ditahan di penjara HTS, serta beberapa teroris radikal Chechnya dan Georgia. Dilaporkan bahwa HTS ditawari 75 kendaraan udara tak berawak (UAV) sebagai imbalan atas pembebasan anggota geng tersebut.

Oleh karena itu, ketika perwakilan Kiev berusaha mengatur kembali tokoh-tokoh radikal yang akan melancarkan perang paramiliter melawan Putin dan Kadyrov, HTS akan memiliki peluang militer yang luas untuk menyerang pasukan Suriah dan Rusia.

HTS memiliki banyak pejuang radikal yang ditahan di penjara di Idlib karena perebutan kekuasaan dan berbagai perselisihan. Beberapa dari mereka terdiri dari Chechnya dan Georgia yang, setelah berperang melawan Rusia pada tahun 2000an, pindah ke Suriah dan bergabung dalam jihad melawan pemerintahan Damaskus.

Melansir aydinlik, Omar al-Shishani, yang terakhir kali ingin ditinggalkan oleh pemerintahan Kiev, pernah disebut sebagai "Menteri Perang" DAESH. II. Shishani, yang berperang melawan Rusia di Ossetia selama Perang Chechnya, pergi ke Suriah pada tahun 2012 dan bersumpah setia kepada Pemimpin ISIS Baghdadi.

Namun, sejauh ini diumumkan bahwa ĹžiĹźani telah terbunuh dalam lima insiden berbeda. Dengan kata lain, fakta bahwa situs PKK memunculkan pembebasan Omar al-Shishani menunjukkan bahwa Shishani masih hidup atau ada kebingungan nama.

Karena di Idlib, ada satu lagi teroris Chechnya terkenal yang sangat mirip dengan Omar al-Shishani dan sering disamakan dengannya: Muslim al-Shishani. Muslim al-Shishani, yang memimpin kelompok besar Chechnya di pedesaan Latakia pada awal perang, pindah ke Idlib pada tahun 2016, mulai memiliki masalah dengan para pemimpin HTS pada tahun 2021, dan surat perintah penangkapan dikeluarkan untuknya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)