Apakah Drone Naga Bisa Jadi Pengubah Arah Perang Ukraina dan Rusia?

Kamis, 12 September 2024 - 13:25 WIB
loading...
A A A
Zeppelin Jerman menjatuhkan bom berisi termit selama Perang Dunia I. Serangan udara tersebut dianggap sebagai inovasi pada saat itu. Serangan tersebut juga sering meleset dari sasaran dan menyebabkan banyak korban sipil.

Selama Perang Dunia II, Jerman dan Sekutu menggunakan bom udara termit untuk menghancurkan kendaraan militer satu sama lain.

Zat tersebut ditemukan oleh ahli kimia Jerman Hans Goldschmidt pada tahun 1893 dan dipatenkan pada tahun 1895. Penggunaan komersialnya yang paling awal adalah di kota Essen, Jerman, tempat para pekerja konstruksi menggunakan termit untuk mengelas rel trem.

5. Memiliki Psikologis bagi Tentara Rusia

Apakah Drone Naga Bisa Jadi Pengubah Arah Perang Ukraina dan Rusia?

Foto/AP

Ketakutan akan jatuhnya api cair dari langit setiap saat kemungkinan akan menyebabkan lebih banyak kerusakan psikologis pada musuh daripada kerusakan fisik, kata beberapa ahli.

"Ini adalah perubahan baru dalam ketakutan terhadap pesawat tanpa awak," tulis pakar sejarah militer yang bermarkas di Finlandia, Emil Kastehelmi, di X, seraya menambahkan bahwa dampaknya "mengerikan".

"Bayangkan: tiba-tiba, api mulai turun dari langit, dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya. Anda tidak dapat memadamkannya dengan air. Rekan-rekan Anda berteriak, terperangkap dalam api, seperti obor manusia."

Namun, Ukraina tampaknya memiliki kemampuan termit yang terbatas saat ini, analis tersebut menambahkan, jadi tidak jelas seberapa banyak Kyiv dapat — atau berencana untuk — menggunakannya sebagai senjata utama.

Beberapa pakar percaya Rusia juga dapat meningkatkan penggunaan pesawat tanpa awak naga jika terbukti efektif untuk Ukraina.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)