Publik Murka AS Respons Setengah Hati Warganya yang Ditembak Mati Tentara Israel

Sabtu, 07 September 2024 - 07:45 WIB
loading...
A A A
Bulan lalu, Middle East Eye melaporkan militer Israel menembak warga negara AS Amado Sison di kaki saat dia mundur dari tentara Israel selama demonstrasi yang sama yang dihadiri Ezgi Eyzi pada hari Jumat.

Setelah penembakan dan kepulangannya ke AS, Sison mengatakan baik Gedung Putih maupun anggota parlemen negaranya tidak menghubunginya.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa warga Amerika Palestina telah tewas di tangan atau dibunuh oleh militer Israel.

Setiap pembunuhan memicu tanggapan serupa dari pemerintahan Biden, yang menyerukan penyelidikan tetapi tidak melakukan upaya nyata untuk mencari keadilan bagi mereka yang terbunuh.

Pada tahun 2022, pasukan Israel menembak dan membunuh Shireen Abu Akleh, seorang jurnalis veteran Al Jazeera dan warga negara AS, selama serangan militer di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki.

Pembunuhan itu menuai kecaman luas dan internasional, dan keluarga Abu Akleh bersama sekelompok senator AS menuntut pemerintahan Biden meluncurkan penyelidikan independen atas masalah tersebut.

Namun, Departemen Luar Negeri mengumumkan pada bulan Juli 2022 kesimpulannya tentang pembunuhan itu, dengan mengatakan meskipun kemungkinan besar tembakan Israel yang menewaskan Abu Akleh, AS "tidak menemukan alasan untuk percaya bahwa ini disengaja tetapi merupakan hasil dari keadaan yang tragis".

Democracy For The Arab World Now (Dawn) mengajukan pengaduan pada Kamis terhadap Departemen Luar Negeri AS dalam upaya agar mereka merilis dokumen terkait dengan tuduhan pelanggaran hak asasi manusia oleh militer Israel yang dimulai sejak pembunuhan Shireen Abu Akleh.

Dawn mengatakan telah mengajukan pengaduan di pengadilan federal di Distrik Columbia untuk mempublikasikan catatan tersebut karena kegagalan departemen untuk merilis dokumen.

Gugatan hukum dapat diajukan di pengadilan federal untuk merilis dokumen yang belum dirilis melalui permintaan FOIA.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)