Rusia Bombardir Kota-kota di Perbatasan Ukraina, Polandia Siagakan Pesawat Tempur

Rabu, 04 September 2024 - 16:35 WIB
loading...
A A A
Rusia belum mengomentari serangan terhadap Poltava atau serangan hari Rabu terhadap Lviv dan Kyiv. Rusia telah lama bersikeras bahwa serangannya hanya ditujukan pada target infrastruktur militer, energi, dan transportasi, bukan warga sipil.

Pada hari Selasa, Warsawa mengumumkan kesepakatan militer baru senilai USD520 juta, langkah terbaru dalam upaya memperkuat pertahanannya yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022.

Saat ini Polandia menghabiskan 4 persen dari produk domestik bruto (PDB) untuk pertahanan – rasio tertinggi dari semua anggota NATO – dan berharap dapat meningkatkan jumlah tersebut menjadi 4,7 persen tahun depan.

Bulan lalu, Warsawa menandatangani kesepakatan senilai $10 miliar untuk membeli 96 helikopter serang Apache dari produsen AS Boeing. Helikopter tersebut akan menggantikan helikopter Mi-24 Rusia yang sudah ketinggalan zaman.

Warsawa juga telah mengumumkan kesepakatan untuk membeli ratusan rudal udara-ke-udara AIM-120C AMRAAM, serta kontrak untuk 48 peluncur untuk sistem pertahanan udara Patriot yang dirancang AS.

Tentara Polandia memiliki 200.000 tentara, menjadikannya yang terbesar ketiga di NATO setelah Amerika Serikat dan Turki, dan terbesar di Uni Eropa.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0733 seconds (0.1#10.140)