10 Fakta yang Mungkin Tidak Anda Ketahui tentang Vatikan

Rabu, 04 September 2024 - 13:01 WIB
loading...
10 Fakta yang Mungkin...
Paus Fransiskus menyampaikan berkatnya saat membaca doa Angelus di siang hari dari jendela ruangnya yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus, di Vatikan, Minggu, 1 September 2024. Foto/AP/Andrew Medichini
A A A
VATIKAN - Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia disambut meriah oleh warga. Dia merupakan pemimpin umat Katolik di dunia.

Dia memimpin umat Katolik dunia dengan pusatnya di Vatikan, negara yang berbatasan dengan Italia.

Berikut ini berbagai fakta tentang Vatikan:

1. Kota Vatikan adalah Negara Terkecil di Dunia

Dikelilingi oleh perbatasan sepanjang 2 mil dengan Italia, Kota Vatikan adalah negara-kota independen yang luasnya hanya 100 hektar, menjadikannya seperdelapan dari ukuran Central Park di New York.

Kota Vatikan diperintah sebagai monarki absolut dengan Paus sebagai pemimpinnya. Vatikan mencetak euro sendiri, mencetak perangko sendiri, menerbitkan paspor dan pelat nomor sendiri, mengoperasikan outlet media, dan memiliki bendera dan lagu kebangsaan sendiri.

Satu fungsi pemerintahan yang tidak dimilikinya: perpajakan. Biaya masuk museum, penjualan perangko dan suvenir, dan sumbangan menghasilkan pendapatan Vatikan.

2. Basilika Santo Petrus Berada di Atas Kota Orang Mati, Termasuk Makam yang Menyandang Namanya


Satu pekuburan Romawi berdiri di Bukit Vatikan pada zaman pagan. Ketika kebakaran besar melanda sebagian besar Roma pada tahun 64 M, Kaisar Nero, yang berusaha mengalihkan kesalahan dari dirinya sendiri, menuduh orang-orang Kristen sebagai pemicu kebakaran tersebut.

Dia mengeksekusi mereka dengan membakar mereka di tiang pancang, mencabik-cabik mereka dengan binatang buas, dan menyalibkan mereka.

Di antara mereka yang disalibkan adalah Santo Petrus, murid Yesus Kristus, dan uskup pertama Roma, yang konon dimakamkan di kuburan dangkal di Bukit Vatikan.

Pada abad keempat dan pengakuan resmi agama Kristen di Roma, Kaisar Konstantinus mulai membangun basilika asli di atas tanah pemakaman kuno dengan apa yang diyakini sebagai makam Santo Petrus di tengahnya.

Basilika saat ini, yang dibangun mulai tahun 1500-an, berada di atas labirin katakombe dan makam Santo Petrus yang diduga.

3. Caligula Merebut Obelisk yang Berdiri di Lapangan Santo Petrus


Kaisar Romawi Caligula membangun sirkus kecil di taman ibunya di kaki Bukit Vatikan tempat para kereta perang berlatih dan tempat Nero diduga telah membunuh orang-orang Kristen.

Untuk memahkotai bagian tengah amfiteater, Caligula memerintahkan pasukannya mengangkut tiang dari Mesir yang awalnya berdiri di Heliopolis.

Obelisk, yang terbuat dari sepotong granit merah dengan berat lebih dari 350 ton, didirikan untuk seorang firaun Mesir lebih dari 3.000 tahun yang lalu.

Pada tahun 1586, obelisk tersebut dipindahkan ke lokasinya saat ini di Lapangan Santo Petrus, di mana obelisk tersebut berfungsi ganda sebagai jam matahari raksasa.

4. Selama Hampir 60 Tahun pada Tahun 1800-an dan 1900-an, Para Paus Menolak Meninggalkan Vatikan


Para paus memerintah atas sekumpulan Negara Kepausan yang berdaulat di seluruh Italia bagian tengah hingga negara tersebut bersatu pada tahun 1870.

Pemerintah sekuler yang baru telah menyita semua tanah Negara Kepausan kecuali sepetak kecil wilayah Vatikan, dan perang dingin kemudian pecah antara gereja dan pemerintah Italia.

Para paus menolak mengakui otoritas Kerajaan Italia, dan Vatikan tetap berada di luar kendali nasional Italia.

Paus Pius IX menyatakan dirinya sebagai "tawanan Vatikan," dan selama hampir 60 tahun para paus menolak untuk meninggalkan Vatikan dan tunduk pada otoritas pemerintah Italia.

Ketika pasukan Italia hadir di Lapangan Santo Petrus, para paus bahkan menolak memberikan berkat atau muncul dari balkon yang menghadap ke ruang publik.

5. Benito Mussolini Menandatangani Pembentukan Kota Vatikan


Perselisihan antara pemerintah Italia dan Gereja Katolik berakhir pada tahun 1929 dengan penandatanganan Pakta Lateran, yang memungkinkan Vatikan untuk berdiri sebagai negara berdaulatnya sendiri dan memberi kompensasi kepada gereja sebesar USD92 juta (lebih dari USD1 miliar dalam nilai uang saat ini) untuk Negara Kepausan.

Vatikan menggunakan pembayaran tersebut sebagai uang awal untuk menumbuhkan kembali pundi-pundinya.

Mussolini, kepala pemerintahan Italia, menandatangani perjanjian tersebut atas nama Raja Victor Emmanuel III.

6. Para Paus Tidak Tinggal di Vatikan sampai Abad ke-14


Bahkan setelah pembangunan Basilika Santo Petrus yang asli, para paus terutama tinggal di Istana Lateran di seberang Roma.

Mereka bahkan meninggalkan kota itu sama sekali pada tahun 1309 ketika istana kepausan pindah ke Avignon, Prancis, setelah Raja Philip IV mengatur agar seorang kardinal Prancis terpilih menjadi paus. Tujuh paus, semuanya orang Prancis, memerintah dari Avignon, dan kepausan tidak kembali ke Roma sampai tahun 1377, saat Istana Lateran telah terbakar dan Vatikan mulai digunakan sebagai kediaman kepausan.

Akan tetapi, banyak pekerjaan perbaikan yang perlu dilakukan, karena Vatikan telah rusak parah sehingga serigala menggali mayat di kuburan dan sapi bahkan berkeliaran di basilika.

7. Garda Swiss Disewa sebagai Pasukan Bayaran


Garda Swiss, yang dikenal dengan baju zirahnya dan seragam era Renaisans yang berwarna-warni, telah melindungi paus sejak tahun 1506.

Saat itulah Paus Julius II, mengikuti jejak banyak istana Eropa saat itu, menyewa salah satu pasukan bayaran Swiss untuk perlindungan pribadinya.

Peran Garda Swiss di Kota Vatikan semata-mata untuk melindungi keselamatan paus. Meskipun pasukan terkecil di dunia ini tampaknya hanya bersifat seremonial, para prajuritnya terlatih secara ekstensif dan merupakan penembak jitu yang sangat terampil.

Dan, ya, pasukan ini sepenuhnya terdiri dari warga negara Swiss.

8. Para Paus Melarikan Diri Melalui Lorong Rahasia


Pada tahun 1277, lorong tertutup yang ditinggikan sepanjang setengah mil, Passetto di Borgo, dibangun untuk menghubungkan Vatikan dengan Castel Sant'Angelo yang dibentengi di tepi Sungai Tiber.

Lorong ini berfungsi sebagai rute pelarian bagi para paus, terutama pada tahun 1527 ketika lorong ini kemungkinan menyelamatkan nyawa Paus Clement VII selama penjarahan Roma.

Ketika pasukan Kaisar Romawi Suci Charles V mengamuk di kota dan membunuh para pendeta dan biarawati, Garda Swiss menahan musuh cukup lama untuk memungkinkan Clement mencapai Castel Sant'Angelo dengan selamat, meskipun 147 pasukan paus tewas dalam pertempuran itu.

9. Mayoritas dari 600 Warga Kota Vatikan Tinggal di Luar Negeri


Pada tahun 2011, jumlah orang dengan kewarganegaraan Vatikan berjumlah 594 orang. Jumlah tersebut termasuk 71 kardinal, 109 anggota Garda Swiss, 51 anggota pendeta, dan satu biarawati di dalam tembok Vatikan.

Namun, kelompok warga negara terbesar adalah 307 anggota pendeta yang menduduki jabatan diplomatik di seluruh dunia.

Dengan Benediktus XVI yang bermukim sebagai paus emeritus di Vatikan, populasinya akan bertambah satu orang saat paus baru diangkat.

10. Observatorium Vatikan Memiliki Teleskop di Arizona


Seiring dengan perluasan Roma, polusi cahaya dari kota tersebut membuat para astronom di Observatorium Vatikan yang terletak 15 mil dari kota di kediaman musim panas kepausan di Castel Gandolfo, semakin sulit untuk mengamati langit malam.

Oleh karena itu, pada tahun 1981, observatorium tersebut membuka pusat penelitian kedua di Tucson, Arizona.

Vatikan melakukan penelitian astronomi dengan teleskop canggih yang berada di puncak Gunung Graham di Arizona tenggara.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)