Tentara Ukraina Bakar Rumah-rumah Kosong di Wilayah Kursk Rusia

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 09:15 WIB
loading...
Tentara Ukraina Bakar...
Bangunan dan mobil rusak akibat rudal Ukraina di Kursk, Rusia. Foto/Sputnik/Ilya Pitalev
A A A
MOSKOW - Pasukan Ukraina tampaknya berusaha menimbulkan kerusakan maksimum pada properti warga sipil di wilayah Rusia yang berada di bawah kendali mereka, menurut pejabat senior Kementerian Luar Negeri Rusia.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia telah menugaskan Rodion Miroshnik mengumpulkan bukti kejahatan perang Ukraina dalam konflik tersebut.

Pekan lalu, dia mengunjungi Wilayah Kursk, yang menjadi sasaran serangan lintas batas besar-besaran Kiev awal bulan ini.

Bukti di lapangan dan wawancara dengan puluhan saksi mata menunjukkan pasukan Ukraina sengaja mencoba menghancurkan permukiman yang berada dalam jangkauan mereka, menurut pejabat itu kepada RIA Novosti pada Jumat.

"Ada banyak sekali laporan tentang properti pribadi yang dibakar dan dijarah, tentang bangunan tambahan yang dihancurkan dengan sengaja. Saya mengunjungi beberapa rumah seperti itu beberapa jam setelah diserang. Orang-orang dievakuasi, tetapi rumah mereka ditembaki dan dibakar dengan niat jahat," ujar dia.

“Dalam beberapa kasus, pasukan Ukraina menggunakan amunisi pembakar,” ungkap Miroshnik.

Penduduk setempat mengatakan kepadanya bahwa mereka melihat tentara menembaki rumah-rumah dari jarak dekat dari pengangkut personel lapis baja dan bersorak ketika rumah-rumah itu terbakar.

“Beberapa properti tampaknya terkena pecahan roket,” papar diplomat itu.

Beberapa amunisi dipersenjatai dengan ribuan bola logam seukuran peluru BB yang dirancang untuk mengenai tubuh musuh di lapangan dengan ledakan udara.

"Saya mengunjungi tempat seseorang, yang terkena roket semacam itu. Sepertinya tidak ada yang tidak tertembus oleh bola-bola itu," ujar diplomat itu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)