Keluarga Jacob Blake Tuntut Polisi Pelaku Penembakan Dipecat

Rabu, 26 Agustus 2020 - 11:45 WIB
loading...
Keluarga Jacob Blake Tuntut Polisi Pelaku Penembakan Dipecat
Pihak keluarga Jacob Blake menuntut polisi pelaku penembakan dipecat. Foto/Russia Today
A A A
WASHINGTON - Penembakan terhadap Jacob Blake di Kenosha, Wisconsin, adalah bagian dari pola penindasan rasial terhadap orang Afro-Amerika dan polisi yang terlibat perlu dihukum. Hal itu dikatakan keluarga Jacob Blake, seorang pria Afro-Amerika yang diberondong tembakan oleh anggota polisi kulit putih yang menyulut kerusuhan di kota itu.

"Saya tidak percaya pada siapa pun yang berkulit putih yang melakukan penyelidikan tentang seorang pemuda kulit hitam yang ditembak tujuh kali di punggungnya," kata ayah Blake, Jacob Blake Senior, seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (26/8/2020).

Pernyataannya muncul beberapa saat setelah Benjamin Crump - seorang pengacara yang mewakili keluarga tersebut, yang telah terlibat dalam kasus Black Lives Matter lainnya - menyatakan bahwa Amerika Serikat (AS) tidak memiliki dua sistem peradilan, satu untuk kulit putih dan satu lagi untuk kulit hitam.

Jaksa distrik Kenosha County berkulit putih. CNN telah melaporkan FBI dan Departemen Kehakiman sedang meninjau insiden tersebut untuk melihat apakah penyelidikan hak sipil diperlukan.

Keluarga Blake menuntut agar departemen kepolisian Kenosha memecat petugas yang terlibat dalam insiden pada hari Minggu itu, dan menahan orang yang melepaskan tembakan terhadap pria Afro-Amerika berusia 29 tahun itu. Meski selamat, Blake dilaporkan terluka parah.(Baca: Polisi AS Tembak Pria Kulit Hitam 7 Kali, Kerusuhan Pecah di Kenosha )

"Ini akan membutuhkan keajaiban bagi Jacob Blake Jr untuk bisa berjalan kembali," kata Crump kepada wartawan.

Protes yang dimulai beberapa jam setelah penembakan dengan cepat meningkat menjadi kerusuhan, dengan penjarah menghancurkan beberapa bisnis lokal dan membakar sejumlah bangunan. Mereka tampak tidak tergoyahkan dengan kehadiran sekitar 125 anggota Garda Nasional Wisconsin.(Baca: Buntut Kerusuhan di Kenosha, Wisconsin Nyatakan Keadaan Darurat )

Julia Jackson, ibu Blake, mengatakan kehancuran tidak mencerminkan keinginan keluarganya dan putranya akan "sangat tidak senang" jika dia mengetahuinya.

"Lakukan keadilan bagi Jacob pada tingkat ini dan periksa hati Anda," dia bertanya kepada orang-orang di Wisconsin dan AS.

“Saat saya berdoa untuk kesembuhan putra saya secara fisik, emosional dan spiritual, saya juga telah berdoa bahkan sebelum ini untuk kesembuhan negara kita,” imbuhnya.

Namun, salah satu saudara perempuan Blake mengatakan dia telah berhenti menangis bertahun-tahun yang lalu, dan mati rasa karena dia telah menyaksikan polisi membunuh orang-orang kulit hitam selama bertahun-tahun.

"Emmett Till adalah keluarga saya. Philando (Castille), Mike Brown, Sandra (Bland) - ini telah terjadi pada keluarga saya, dan saya telah meneteskan air mata untuk setiap orang ini yang pernah terjadi," ujarnya.

Till dibunuh di Mississippi pada tahun 1955, dan menjadi seruan bagi gerakan hak-hak sipil. Castille dibunuh oleh seorang petugas polisi di Minnesota pada 2016. Bland ditemukan tewas di penjara Texas pada 2015, setelah ditangkap saat terjadi perhentian lalu lintas. Kematian Brown di Ferguson, Missouri pada tahun 2014 memicu protes massal Black Lives Matter.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)