Profil Lloyd Austin, Menhan AS yang Kirim 2 Kapal Induk untuk Bela Israel

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 12:15 WIB
loading...
Profil Lloyd Austin,...
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin tersenyum selama pertemuan dengan Menteri Pertahanan Kedua Brunei Halbi Mohd Yusof di Pentagon pada 13 Agustus 2024 di Washington. Foto/AP/Kevin Wolf
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin menjadi sorotan setelah dia mengirim 2 kapal induk ke Timur Tengah untuk membela Israel.

Pengiriman kapal induk itu dilakukan di tengah ancaman serangan Iran ke Israel setelah rezim Zionis dituding membunuh Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran.

Siapakah Lloyd Austin?


Lloyd James Austin III adalah pensiunan jenderal Angkatan Darat AS yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Amerika ke-28.

Pria berusia 70 tahun itu meninggalkan angkatan bersenjata setelah masa jabatan 41 tahun yang gemilang dan dilantik ke jabatan saat ini pada 22 Januari 2021.

Tokoh yang bernama asli Lloyd James Austin III itu lahir 8 Agustus 1953. Sebelum pensiun dari militer pada tahun 2016, Austin menjabat sebagai komandan ke-12 Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM), mulai Maret 2013.

Sebelumnya, dia menjabat sebagai wakil kepala staf Angkatan Darat ke-33 dari Januari 2012 hingga Maret 2013, dan sebagai komandan Pasukan Amerika Serikat-Irak dari September 2010 hingga Desember 2011.

Dia adalah orang Afrika Amerika pertama yang memegang masing-masing posisi ini. Setelah pensiun dari angkatan bersenjata, Austin bergabung dengan dewan direksi Raytheon Technologies, Nucor, Tenet Healthcare, dan Universitas Auburn.

Pada 7 Desember 2020, dia dicalonkan sebagai menteri pertahanan oleh Presiden terpilih saat itu, Joe Biden, dan dikukuhkan oleh Senat Amerika Serikat pada tanggal 22 Januari 2021, dengan perolehan suara 93-2.

Austin memiliki keistimewaan unik karena pernah memimpin pertempuran di Irak dan Afganistan pada level bintang satu, dua, tiga, dan empat, dan merupakan orang Afrika Amerika pertama yang memimpin divisi, korps, dan pasukan lapangan dalam pertempuran.

Dia adalah penerima Silver Star, penghargaan tertinggi ketiga di negara itu untuk keberanian, atas tindakannya selama invasi Irak, serta lima Defense Distinguished Service Medals.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)