Siapa Paetongtarn Shinawatra? Politikus Cantik dan Muda yang Jadi PM Thailand dan Mewujudkan Perubahan

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 17:26 WIB
loading...
A A A
Di bawah Srettha, pada tahun 2023 partai Pheu Thai bersekutu dengan militer yang sama yang telah menggulingkan pemerintahannya pada tahun 2014.

Sebelumnya, Pheu Thai yang mendeklarasikan diri sebagai “pro-demokrasi” telah berkoalisi dengan Partai Move Forwards (MPF), tetapi MPF meninggalkan koalisi tersebut tiga bulan setelah pemilihan umum 2023.

MFP, yang mengambil sikap kritis terhadap monarki, telah memenangkan jumlah kursi terbanyak dalam pemilihan umum 2023 tetapi diblokir dari pembentukan pemerintahan oleh Senat yang ditunjuk militer. Pheu Thai kemudian membentuk pemerintahan.

Mahkamah Konstitusi membubarkan MFP pada 7 Agustus tahun ini, melarang anggota dewan eksekutifnya dari politik selama 10 tahun atas janjinya untuk mengubah undang-undang pencemaran nama baik kerajaan yang ketat.

4.MewujudkanPerubahan

Siapa Paetongtarn Shinawatra? Politikus Cantik dan Muda yang Jadi PM Thailand dan Mewujudkan Perubahan

Foto/AP

Ketika ia berkampanye untuk pemilihan sebagai calon perdana menteri tahun lalu, janji-janji Paetongtarn termasuk menurunkan tarif transportasi umum Bangkok, memperluas cakupan layanan kesehatan, dan menggandakan upah harian minimum.

Dalam masa jabatan pertama Paetongtarn, ia akan berhadapan dengan ekonomi Thailand yang sedang berjuang, popularitas partainya yang menurun, dan kemungkinan bangkitnya oposisi, yang, sejak pembubaran MPF, telah berkumpul kembali sebagai Partai Rakyat.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)