Putra Ismail Haniyeh Ungkap Warisan Ayahnya: Hati yang Menolong Semua Orang

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 18:01 WIB
loading...
A A A

Hubungan Istimewa


Abdel Salam mengatakan ayahnya juga menikmati “hubungan istimewa” dengan mendiang Pemimpin Palestina Yasser Arafat.

Dia menekankan, “Pemimpin PLO mencintai pemimpin yang syahid itu dengan gaya dan kebijakannya,” seraya menambahkan ayahnya berada di balik visi pada tahun 1995 dan 1996 untuk “memasuki parlemen legislatif dan otoritas, dan hubungan dengan otoritas.”

Dengan tidak adanya keputusan yang bersatu dalam jajaran Hamas mengenai masalah ini, Ismail Haniyeh “memilih persatuan gerakan daripada visinya,” menurut putranya.

Dia melanjutkan dengan menjelaskan visi ayahnya diadopsi oleh gerakan tersebut pada 2005 setelah sepuluh tahun dia meletakkan dasar untuk itu.

Dari Masa Kecil hingga Kesyahidan


Abdel Salam Haniyeh berbicara panjang lebar tentang pendidikan dan kehidupan ayahnya di kamp pengungsi Al-Shati.

“Martir Haniyeh dikenal sebagai ikon sosial, olahragawan, kemanusiaan, pendidikan, dan jihadis di kamp multi-faksi tersebut,” ungkap Abdel Salam Haniyeh.

Aktivisme politik Ismail Haniyeh, menurut putranya, dimulai di Universitas Islam tempat dia menempuh pendidikan dan menjadi ketua dewan mahasiswa pada tahun 1985.

Dia sangat terlibat dalam Intifada pertama dan kedua pada tahun 1987 dan 1994. Dalam kapasitasnya sebagai salah satu pemimpin pemuda dan Blok Islam, pendudukan Israel menangkapnya untuk pertama kalinya pada tahun 1987, hanya sepuluh hari setelah pecahnya Intifada.

Dia kembali ditahan secara administratif pada tahun 1989 bersama dengan sebagian besar dewan mahasiswa dan pemimpin blok aksi nasional dan Islam serta beberapa pemimpin Hamas dan Fatah dan lainnya.

Terkait hal ini, Abdul Salam Haniyeh mengatakan ayahnya mengadopsi dalam hidupnya “pendekatan persatuan, tanah air, kerukunan, dan persaudaraan.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)